Polres Solsel Promosikan Kebudayaan Lokal di HUT Bhayangkara

Rabu, 11 Juli 2018, 16:20 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Polres Solsel Promosikan Kebudayaan Lokal di HUT Bhayangkara
Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto saat dipasangkan deta oleh salah seorang tuo silek Solok Selatan. Saat itu, dia dikukuhan sebagai ketua silek tuo Solok Selatan pada pelaksanaan HUT Bhayangkara ke-72, Rabu (11/7/2018). (humas)

VALORAnews - Rayakan HUT Bhayangkara ke-72, Polres Solok Selatan, Rabu (11/7/2018), angkat kearifan lokal berupa randai, silek, tari pasambahan dan makan bajamba, sebagai bentuk pendekatan pada masyarakat sekaligus dukungan pelestariannya.

"Sesuai dengan amanah Kapolri, dimana kami harus memberikan kepercayaan pada masyarakat sehingga kami mengangkat kearifan lokal untuk mengisi HUT Bhayangkara ke-72 dan mendorong pelestariannya," kata Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto.

Selain itu, prosesi makan bajamba juga memperkenalkan durian Solok Selatan yang rasanya nikmat. Dengan semangat promoter, pihaknya siap melaksanakan agenda 2018 dan 2019 bersama Forkopimda, tokoh masyarakat, agama dan walinagari.

Penampilan kearifan lokal juga merupakan sesuatu yang unik dan menarik dan ini harus dipertahankan supaya tidak punah.

Baca juga: Polres Solsel Gelar Test Urine, 4 Positif

Upacara HUT bhayangkara ke-72 di Polres Solok Selatan, dipimpin langsung AKBP Imam Yuliasdianto. Upacara ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Solok Selatan, disuguhkan kebudayaan lokal dari sanggar seni dan perguruan setempat.

Penampilan kearifan lokal dimulai dengan tari pasambahan dilanjutkan atraksi randai dilanjutkan silek dan diakhiri dengan makan bajamba.

Formasi randai bertuliskan HUT sedangkan silek untuk Polri dan makan bajamba menampilkan angka 72 di halaman Mapolres setempat.

Kegiatan ini juga dihadiri unsur pemerintah daerah yang diwakili Sekretaris Daerah, Yulian Efi beserta sejumlah kepala OPD, Dandim 0309 Solok diwakili Pabung Mayor Infantri I Nyoman Putra Yasa, Kajari Solok Selatan, M Rohmadi dan lainnya. (rls)

Baca juga: 261 Pelanggaran Lalu Lintas Ditindak Selama Operasi Zebra di Polres Solsel

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: