Simulasi Penanganan Gempa RSUP M Djamil, Yusirwan: Untuk Ciptakan Kondisi Reflek Paramedis

Kamis, 26 April 2018, 21:47 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Simulasi Penanganan Gempa RSUP M Djamil, Yusirwan: Untuk Ciptakan Kondisi Reflek Paramedis
Petugas medis RSUP M Djamil Padang, melarikan pasien ke luar ruangan yang jadi titik kumpul saat terjadi gempa besar, dalam simulasi yang digelar Kamis (26/4/2016). (vebi rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepanikan melanda RSUP M Djamil Padang. Gempa besar memporak-porandakan gedung RS tersebut. Para pasien dan pengunjung nampak panik.Petugas RS berusaha mengevakuasi pasien.

Di ruang Instalasi Gawat Darurat petugas berlarian mengevakuasi pasien diantara puing-puing reruntuhan. Di instalasi gizi nampak api mulai berkobar. Keluarga dan pasien nampak semakin panik.Suasana semakin mencekam.

Petugas pemadam kebakaran yang datang mulai berusaha memadamkan api. Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) dibantu oleh TNI-Polri ikut mengevakuasi korban. Tenda-tenda Darurat pun mulai disiapkan. Sementara pasien mendapat perawatan di halaman IGD.

Untungnya, suasana tersebut hanyalah bagian dari simulasi yang dilakukan BPBD dalam rangka hari kesiap-siagaan bencana 2018.

Baca juga: Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama

Menurut Plt Kepala BPBD Sumbar, Rumainur, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk Padang sendiri kegiatan ini dilakukan di 40 titik.

"Khusus di RSUP M Djamil tidak hanya dilakukan latihan evakuasi saja tapi juga menambahkan dengan latihan Hospital Disaster Program (Hosdip) yang merupakan dasar RS untuk melakukan tindakan apabila terjadi bencana," papar Rumainur.

Hosdip sudah beberapa kali dilakukan di RS M Djamil. Kali ini, terangnya, dilakukan serentak dengan hari kesiapsiagaan bencana. Untuk kegiatan ini Sumbar ditargetkan sekitar 500 ribu orang ikut berpartisipasi.

Sementara, Direktur Utama RSUP M Djamil, Yusirwan mengatakan, kegiatan ini bertujuan menciptakan kondisi reflek artinya petugas terbiasa dengan menghadapi kondisi darurat sehingga petugas tidak gagap atau panik.

Baca juga: 72 KK Korban Gempa Kategori Rusak Sedang Nagari Timbo Abu Terima Bantuan

Yusirwan juga memastikan kegiatan ini sama sekali tidak mengganggu aktivitas pelayanan di RS.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: