9 Puskemas di Solsel Tuntas Diakreditasi

Senin, 23 April 2018, 22:41 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
9 Puskemas di Solsel Tuntas Diakreditasi
Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman. (diky lesmana/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kesehatan Solok Selatan, menargetkan pada 2018 ini menuntaskan akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal ini dilakukan untuk memberikan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, pada 2017 lalu pihaknya telah menuntaskan 8 akreditasi dari 9 Pusat Puskesmas yang ada di Solok Selatan. Tiga di antara Puskesmas tersebut meraih predikat Akreditasi Madya.

"Pada 2018 ini, kita tinggal menuntaskan satu Puskesmas yang belum terakreditasi yakni, Puskesmas Lubuk Ulang Aling," katanya.

Delapan Puskesmas yang telah terakreditasi, pada 2016, ada tiga puskesmas yang memperoleh akreditasi yakni Puskesmas Bidar Alam predikat Akreditasi Madya, Puskesmas Talunan dan Pakan Raba'a dengan akreditasi dasar.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Dilanjut pada 2017 lalu, ada 5 Puskesmas yang mendapatkan akreditasi yakni, Puskesmas Lubuk Gadang dan Abai Akreditasi Madya. Puskesmas Muara Labuh, Pakan Salasa dan Mercu mendapatkan akreditasi dasar.

Selain dari 8 Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) juga telah mendapatkan akreditasi dasar.

"Penilaian akreditasi untuk Puskesmas dan RSUD dari tim akreditasi Kemenkes RI ini sangatlah penting. Jika hingga 2019 nanti tidak terakreditasi, maka pihak BPJS tidak bisa melakukan kerjasamanya dengan Puskesmas," katanya.

Selain itu, dengan akreditasi mutu dan pelayanan Puskesmas dan RSUD tersebut dipastikan akan meningkat sesuai prosedur dan petunjuk dari akredidasi itu. (dky)

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: