DPRD Padang Gelar Paripurna Istimewa Hari Jadi ke354, Kolaborasi dan Harmoni jadi Gagasan

Senin, 07 Agustus 2023, 22:33 WIB | Kota Padang
DPRD Padang Gelar Paripurna Istimewa Hari Jadi ke354, Kolaborasi dan Harmoni jadi Gagasan
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani didampingi para wakil letua bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar), Hendri Septa (Wako Padang), saat rapat paripurna istimewa HUT Padang ke354, di kantor DPRD Padang yang baru di kawasan Air Pacah, Senin. (humas)

PADANG (7/8/2023) - Rapat paripurna istimewa DPRD Padang dengan agenda perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, diwarnai dengan penganugerahan Pin Emas untuk 11 orang tokoh masyarakat.

Anggota DPRD Padang, mengikuti sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.
Anggota DPRD Padang, mengikuti sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.

"Selamat pada seluruh elemen di Kota Padang atas peringatan hari jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023. Semoga daerah kita ini semakin baik," ungkap Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengawali rapat paripurna istimewa itu, Senin.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Rapat paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani itu, didampingi Wakil Ketua, Arnedi Yarmen, Amril Amin dan Ilham Maulana serta Sekwan, Hendrizal Azhar serta dihadiri 45 anggota DPRD Padang.

Ketua Fraksi Berkarya Nasdem, Helmi Moesim dan Osman Ayub (anggota fraksi)  pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.
Ketua Fraksi Berkarya Nasdem, Helmi Moesim dan Osman Ayub (anggota fraksi) pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.

Selain Mahyeldi, juga hadir Wali Kota Padang, Hendri Septa, Elkos Albar (Wawako), Forkopimda termasuk bupati/wali Kota se-Sumbar serta sejumlah mantan wali kota dan wakil wali kota Padang.

Baca juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Padang Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang I dan Buka Masa Sidang II Tahun 2024

Juga terlihat Sekda Padang, Andree Algamar, Ketua TP-PKK Padang, Genny Putrinda, Ketua GOW, Arie Ekos Albar, Ketua DWP Padang, Vanny Andree Algamar, kepala OPD, camat, lurah beserta tamu lainnya.

Ketua Fraksi PKS, Djunaidy Hendri dan Muharlion (anggota fraksi)  pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.
Ketua Fraksi PKS, Djunaidy Hendri dan Muharlion (anggota fraksi) pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.

Peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun ini, digelar dengan nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pada momentum tahun 2023 ini, Pemerintahan Kota Padang merayakannya di Gedung DPRD Kota Padang yang baru.

Baca juga: Wawako Padang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023, Syafrial Kani: Materi Akan Dibahas Pansus

Gedung tersebut berlokasi di Jl Bagindo Aziz Chan No 1 Padang, bersebelahan dengan komplek perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah.

Mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang serta beberapa pimpinan organisasi di Pemko Padang, pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.
Mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang serta beberapa pimpinan organisasi di Pemko Padang, pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.

Peringatan hari jadi ini menjadi momentum bersejarah karena menandakan Kantor DPRD Kota Padang yang selama ini berada di jalan Sawahan pindah lokasi ke pusat Pemerintahan Kota Padang.

Baca juga: DPRD Padang Tuntaskan Pembahasan LKPj Tahun 2023, Perumda PSM hingga Banjir jadi Catatan

Gedung yang dibangun sejak tahun 2021 lalu itu, kini telah dapat digunakan untuk perayaan Hari Jadi Kota Padang 2023. Ini sesuai dengan dengan amanat Peraturan Pemerintah No 26 Tahun 2011 tentang Pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Padang dari wilayah Barat ke wilayah Timur.

Perwakilan Forkopimda pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.
Perwakilan Forkopimda pada sidang paripurna istimewa perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023, Senin.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi yang hadir dalam rapat paripurna itu, mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Padang dibawah kepemimpinan Hendri Septa dan Ekos Albar. Menurutnya, sudah banyak terjadi perubahan dan penghargaan yang diraih.

Baca juga: 45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Jakarta, Ini 6 Materi yang Dibahas

"Semua itu, tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan proses penyelenggaraan pemerintah yang harmonis dan koordinatif antara pemerintah dan DPRD. Semoga Padang kian sejahtera," ungkap Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam rapat paripurna, Senin.

Mahyeldi berharap, bertambahnya usia Kota Padang dapat mewujudkan visi, mewujudkan masyarakat madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul serta berdaya saing.

"Peringatan HUT ini merupakan napak tilas untuk melihat dan mengingat kembali tujuan dibentuknya kota sekaligus mengevaluasi sebuah keberhasilan dan kegagalan," terangnya.

"Padang merupakan kota terbesar dan sekaligus ibukota provinsi. Kota Padang memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami sangat mengapresiasi keberhasilan yang telah dicapai," lanjutnya.

Dikatakan mantan Wali Kota Padang itu, keberhasilan yang telah dicapai dapat memotivasi untuk terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya mencapai target yang belum tercapai.

"Semoga, prestasi ini diikuti juga oleh kepala daerah lainnya di Sumbar. Mari bersinergi bersama untuk mengoptimalkan potensi," tutupnya.

Kolaborasi - Harmoni

Mengangkat tema 'Kolaborasi dalam Membangun, Harmoni dalam Keberagaman,' Hendri Septa menyebut, Kota Padang telah jadi pusat pemerintahan, perdagangan, industri dan pendidikan dan jadi gerbang Sumatera Barat dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

"Di usia yang ke-354 ini kita memberikan sebuah hadiah berupa 'Galanggang' untuk masyarakat Kota Padang, sekaligus rangkaian HUT Kota Padang sebagai upaya pemerintah untuk memberikan sejarah kepada warga Padang terutama generasi muda," ucap Hendri Septa.

Dia berharap, bertambahnya usia Kota Padang, semua pihak mempunyai pola pikir, semangat dan bersinergi dengan pembangunan kota yang harmonis dalam keberagaman di tengah masyarakat sehingga kesejahteraan dapat ditingkatkan.

"Meskipun banyak terjadi tantangan namun Pemko Padang terus berupaya mewujudkan visi, mewujudkan masyarakat kota padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul dan berdaya saing," lanjutnya.

Dikatakan, untuk melaksanakan visi itu diwujudkan dalam 7 misi dan 11 program unggulan. Pemko Padang akan bertekad untuk membangun Kota Padang sesuai visi misi hingga akhir 2023.

"Masih banyak hal yang harus dilakukan Pemko Padang untuk menyikapi tuntutan perkembangan Kota Padang yang semakin dinamis dengan jumlah penduduk mencapai 1 juta," katanya.

"Alhamdulillah pelaksanaan program unggulan (progul) telah terlaksana dengan baik, diperkirakan tahun 2023 ini akan terealisasi sebesar 97,03 persen. Pembangunan 500 Ruang Kelas Baru (RKB) dan pembangunan 6 koridor Trans Padang ditargetkan selesai di tahun 2023 ini," ungkap Wako Hendri Septa.

Hendri Septa mengungkapkan, Pemko Padang sudah membangun ruang kreativitas dan inovasi generasi muda dalam mengembangkan bakat dan minatnya di 17 sub sektor ekonomi kreatif, melalui pembangunan Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center.

"Alhamdulillah, gedung tersebut telah dimanfaatkan oleh generasi muda Kota Padang. Kami berharap dapat melahirkan generasi muda yang kreatif, inovatif sesuai dengan potensinya dan mampu menciptakan lapangan usaha baru," jelasnya.

Dijelaskan Hendri Septa, Pemko juga terus memacu pertumbuhan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi sejak tahun 2020, dari -1,86 persen kembali bertransformasi di tahun 2022 dengan realisasi menjadi 4,33 persen. Ditargetkan pada 2023 dapat meningkat menjadi 4,53 persen.

"Alhamdulillah sepanjang 2023 ini, Kota Padang juga telah mendapat penghargaan baik dari tingkat nasional dan daerah sebanyak 32 jenis."

"Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun Kota Padang. Ke depannya mari kita wujudkan pembangunan Kota Padang yang lebih baik lagi," pungkas Hendri Septa.

Tak hanya itu, Hendri Septa mengimbau kepada masyarakat Kota Padang agar selalu meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki, dengan harapan setiap fasilitas yang dibangun dijaga dengan baik.

Sementara itu, Sekda Andree Algamar sebagai ketua pelaksana hari jadi mengatakan, peringatan HUT Kota Padang merupakan refleksi perjuangan rakyat Sumatera Barat terutama Kota Padang dalam mengusir penjajahan Belanda.

"Dalam rangka HUT Kota Padang, Pemko Padang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Padang," terangnya.

Pin Emas

Sebanyak 11 orang tokoh masyarakat, menerima penghargaan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-354. Pemko Padang memberikan mereka penghargaan berupa Pin Emas.

Ini Penerima Pin Emas HUT Padang ke354:

1. Bidang Seni, Budaya dan Adat Istiadat

  • B Andoeska

2. Bidang Keagamaan

  • Ristawardi

3. Bidang Pemberdayaan Wanita

  • Ramadhaniati

4. Bidang Sosial

  • Budi Rudianto

5. Kemudian Bidang Kemanusiaan

  • Suri Hamdasir

6. Bidang Kepemudaan dan Olahraga

  • Syafril Basir

7. Bidang Penggerak Koperasi dan UMKM

  • Virtuous Setyaka

8. Bidang Pendidikan

  • Prof Musliar Kasim

9. Bidang Kesehatan

  • dr Asrawati

10. Bidang Kemasyarakatan

  • Ir Djoni

11. Bidang Komunikasi dan Teknologi

  • Wiztian Yoetri. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: