45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek, Bahas Singkronisasi Pokir, Hak Keuangan dan Administrasi

Rabu, 07 Juni 2023, 13:27 WIB | Kota Padang
45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek, Bahas Singkronisasi Pokir, Hak Keuangan dan...
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani membuka kegiatan Bimtek yang bekerjasama dengan Universitas Ibnu Sina Batam, Kepri, Rabu. (humas)

PADANG (7/6/2023) - Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengatakan, bimbingan teknis (Bimtek) pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD ini sangat penting, guna menambah wawasan dan pengetahuan.

"Setelah Bimtek ini, diharapkan pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif," ungkap Syafrial Kani usai memberikan sambutan pada pembukaan Bimtek di Kota Batang, Kepri, Rabu.

Baca juga: Reses Masa Sidang I Tahun 2024 DPRD Padang, Ini Aspirasi yang Diserap Muharlion

Bimtek ini berlangsung selama tiga hari dengan pemateri dari Universitas Ibnu Sina, Kota Batam.

Baca juga: Koperasi jadi Pilar Utama Ekonomi Daerah

Kegiatan Bimtek pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Padang ini, merupakan yang ketiga kalinya pada tahun 2023 ini.

"Pelaksanaan Bimtek ini, bertujuan untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Padang," ungkap Syafrial Kani saat memberikan sambutan.

Baca juga: Perubahan APBD Padang Tahun 2024 Ditetapkan Rp2,8 Triliun

Ia menambahkan, sebagai lembaga legislatif, DPRD memiliki tugas, peran dan tanggungjawab dalam menyukseskan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tatib dan Susunan AKD

Pada kegiatan Bimtek kali ini, pembahasan yang dikupas adalah Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 1 Tahun 2023 serta Strategi Pemenangan Pemilu 2024.

Baca juga: Kampanye Pilkada 2024 Dimulai Besok, Muharlion: Terapkan Prinsip Biduak Lalu Kiambang Batauik

Adapun Materi yang akan diberikan antara lain, sinkronisasi pengaturan hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD dalam PP No 1 Tahun 2023.

Kemudian, harmonisasi Pokir DPRD dengan arah kebijakan prioritas daerah dalam upaya menguatkan perencanaan pembangunan daerah.

Selanjutnya, reses DPRD sebagai wadah penyerapan aspirasi masyarakat dan strategi pemenangan Pemilu 2024.

Ketiga materi ini sangat relevan dengan perkembangan kondisi pemerintahan Kota Padang saat ini dan suasana Pemilu yang akan datang.

Sehingga, tepat sekali jika materi tersebut dibahas dalam kegiatan Bimtek dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD.

"Semoga ini berguna dalam mendukung peningkatan pengetahuan dan kinerja kita sebagai pimpinan dan anggota DPRD Padang," harap Syafrial Kani.

"Kami berharap, narasumber memberikan materi secara komprehensif, sehingga menambah pemahaman dan pengetahuan kami," tambah Syafrial Kani.

Sementara itu, Sekwan diwakili oleh Kabag Umum Sekretariat DPRD Padang, Rizal Febrinal mengatakan, tujuan dan manfaat Bimtek ini agar pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan, terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang.

Selain itu, harapannya dengan Bimtek ini, agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: