Liputan Khusus: DPRD Tuntaskan Pemilihan Wakil Wali Kota Padang, Calon PAN Menang Telak

Rabu, 05 April 2023, 23:24 WIB | Kota Padang
Liputan Khusus: DPRD Tuntaskan Pemilihan Wakil Wali Kota Padang, Calon PAN Menang Telak
Proses penghitungan suara pemilihan wakil wali kota Padang sisa masa jabatan 2018-2024 yang digelar DPRD Padang pada rapat paripurna, Rabu.

PADANG (5/4/2023) - Sembilan orang anggota Fraksi PKS DPRD Sumbar, solid dukung Hendri Susanto pada ajang pemilihan wakil wali kota sisa masa jabatan 2018-2024 pada pemilihan yang digelar dalam rapat paripurna, Rabu sore.

Sayangnya, 36 orang anggota DPRD Padang periode 2019-2024 lainnya yang berasal dari Fraksi Partai Gerindra (11 kursi), Fraksi PAN (7 kursi), Fraksi Partai Demokrat (6 kursi), Fraksi Partai Golkar-PDIP (6 kursi), Fraksi Persatuan Berkarya Nasdem (6 kursi), juga sepakat bulat memilih Ekos Albar.

Baca juga: Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang Datangkan Direktur Pemasaran Kemenpar, Ini Targetnya

Alhasil, 45 orang anggota DPRD Padang pada pemilihan wakil wali kota sisa masa jabatan 2018-2024, menetapkan Ekos Albar sebagai wakil wali kota mendampingi Hendri Septa yang juga Ketua PAN Padang itu.

Pimpinan sidang, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengucapkan rasa syukur dengan telah selesainya pemilihan Wakil Wali Kota Padang ini.

Baca juga: Anggaran Pendidikan Capai Rp665 Triliun per Tahun, Kemampuan Literasi dan Numerasi masih di Titik Nadir

"Alhamdulillah, rapat paripurna pemilihan Wakil Wali Kota Padang sudah selesai kita gelar dan hasilnya sudah kita saksikan bersama. Ekos Albar raih 36 suara, Hendri Susanto 9 suara," kata Syafrial Kani.

Baca juga: Kembalikan Design Logo Halal ke Versi MUI, Ini Alasan Rofik Hananto

Tak lupa, Syafrial Kani menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, terutama Panitia Pemilihan yang telah bekerja keras dalam menyukseskan tahapan dari awal sampai akhir.

Ketua Panitia Pemilihan, Mastilizal Ayel merasa lega dengan berjalan suksesnya proses pemilihan Wakil Wali Kota Padang.

Baca juga: Jabatan Sonny BP dan Roberia Diperpanjang jadi Pj Wali Kota, Ini Pesan Plt Gubernur Sumbar

"Alhamdulillah, panitia sudah bekerja keras dengan tetap berkoordinasi dengan pimpinan agar terselenggaranya pemilihan ini sesuai yang direncanakan," ungkap dia.

Bersama Syahrial Kani, ikut hadir tiga orang pimpinan DPRD Padang lainnya yakni Arnedi Yarmen, Amril Amin dan Ilham Maulana serta Sekwan, Hendrizal Azhar. Kemudian, 41 orang anggota DPRD lainnya, juga menempati kursi mereka masing-masing alias kehadiran anggota DPRD Padang di momen pemilihan ini 100%.

Baca juga: Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Tuntas, Semua Partai Dapat Jatah Kursi Pimpinan

Pimpinan partai politik di Kota Padang maupun provinsi, juga tampak hadir di arena pemilihan di gedung bundar DPRD Padang. Begitu juga, Sekdako Andree H Algamar yang mewakili wali kota. Tampak juga jajaran Kepala OPD, Forkopimda dan para undangan lainnya.

Ruang sidang utama tempat digelarnya rapat paripurna juga penuh sesak oleh para jurnalis yang meliput langsung ajang pemilihan. Para pendukung masing-masing kandidat, yaitu H Elkos Albar dari PAN dan Ustad Hendri Susanto dari PKS juga menyesaki ruang sidang utama. Para petinggi PAN dan PKS Kota Padang juga terlihat hadir.

Hendri Susanto pada wartawan usai pemilihan mengaku, menerima hasil pemilihan. Staf khusus gubernur Sumbar, Mahyeldi untuk urusan Timur Tengah ini juga mengucapkan selamat pada Ekos Albar.

"Selamat kepada Pak Haji, semoga dapat mendampingi Pak Hendri Septa sebagai wali kota dalam mewujudkan program unggulan dan visi misi saat Pilkada 2018 lalu," ujarnya.

Sementara, Ekos Albar menegaskan, dirinya siap mendampingi Hendri Septa dalam mewujudkan program unggulan dan visi misi wali kota.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan terutama kepada bapak atau ibu anggota DPRD Padang, yang telah memberikan kepercayaan," ujarnya.

"Mohon doa dan dukungan kita semua. Saya siap membantu tugas Walikota Hendri Septa," tambah dia.

Berjalan Lancar

Rapat paripurna pemilihan Wakil Wali Kota Padang ini diawali denagn pembacaan tata tertib pemilihan oleh anggota panitia pemilihan, Surya Jufri Bitel.

Sebelum 45 orang anggota DPRD Padang menggunakan hak pilihnya, anggota panitia pemilihan, Rustam Effendi tampak memastikan kotak suara dalam keadaan kosong.

Selain itu, Ketua Panitia Pemilihan, Mastilizal Aye juga memastikan surat suara dalam kondisi utuh, tidak rusak. Satu persatu surat suara diperiksa disaksikan saksi dari masing-masing kandidat.

Pemilihan yang dimulai bakda Shalat Ashar itu, diawali oleh Syafrial Kani. Kemudian diikuti oleh wakil ketua lainnya, Arnedi Yarmen, Amril Amin dan Ilham Maulana. Kemudian, satu per satu anggota DPRD Padang dipanggil MC, Suzi Helda (Kasubag Humas DPRD Padang) untuk menggunakan hak pilihnya.

Diawali dengan dipanggilnya Ketua Panitia Pemilihan, Mastizal Aye diikuti anggota panitia pemilihan lainnya: Helmi Moesim, Surya Jufri Bitel, Rustam Effendi, Junaidi Hendri hingga seluruh anggota DPRD lainnya.

Usai memberikan hak suara, disaksikan para saksi masing-masing kandidat dan hadirin yang hadir, dilakukan penghitungan suara.

Hasilnya, sebagaimana sudah diprediksi banyak pihak, Ekos Albar menang telak dengan mengantongi 36 suara dan Hendri Susanto dengan 9 suara.

Diketahui, diajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 lalu, PKS dan PAN berkoalisi untuk mengajukan pasangan Mahyeldi dan Hendri Septa sebagai wali kota dan wakil wali kota Padang. Dalam perjalanannya, Mahyeldi ikut kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Barat.

Takdir akhirnya membawa Mahyeldi yang berpasangan dengan Audy Joinaldy sebagai pemenang Pilgub 2020, hingga akhirnya dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumbar periode 2021-2024 pada 25 Februari 2021.

Dengan begitu, posisi Mahyeldi sebagai wali kota Padang, digantikan Hendri Septa yang notabene adalah pejabat wakil wali kota selama proses Pilgub 2020 itu. Hendri Septa akhirnya dikukuhkan sebagai wali kota Padang pada 7 April 2021. Sejak tanggal itu, kursi wakil wali kota tak berpenghuni hingga akhirnya terpilih wakil wali kota Rabu sore ini. (adv/kyo)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: