Husni: Jadikan Pilkada Sebagai Wujud Regenerasi

Rabu, 09 September 2015, 10:40 WIB | Provinsi Sumatera Barat
Husni: Jadikan Pilkada Sebagai Wujud Regenerasi
Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik bersama Reydonnyzar Moenek (Pj gubernur Sumbar) dan Hendra Irwan Rahim (ketua DPRD Sumbar), jelang melepas balon tanda dimulainya kampanye terbuka di pemilihan serentak 2015 di Sumbar. (humas)

VALORAnews -- Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik meminta Pj Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek memastikan seluruh aparatur sipil negara (ASN), untuk tetap netral dalam pemilihan serentak Sumbar 2015. Penyelenggara, baik itu KPU ataupun Bawaslu, juga diminta menjaga independensi serta bersikap netral.

"Mari kita laksanakan pilkada sebagai wujud regenerasi untuk menghasilkan pimpinan daerah yang berkualitas dan bisa berprestasi di tingkat nasional," harap Husni dalam sambutannya saat ikrar peserta pemilihan serentak Sumba 2015, Rabu (9/9/2015) di halaman kantor gubernur Sumbar, Jl Sudirman, Padang. (Baca: KMS Sumbar Buka Posko Pengaduan Pelanggaran Pilkada Serentak)

Baca juga: Haul 5 Tahun Husni Kamil Manik: HKM Sukses Wujudkan Pola Kolektif Kolegial Selama Pimpin KPU RI

Husni berharap, para pihak terkait serta pasangan calon, berkomitmen untuk menjadikan pemilihan kali ini sebagai pemilihan yang bermartabat dan berintegritas, yang mampu menghasilkan pimpinan yang mampu membawa sumbar menjadi daerah yang disegani nasional. Pada pemilihan serentak 2015 ini, di Sumbar digelar di dua kota, 11 kabupaten dan enam daerah yang hanya menggelar pemilihan gubernur. (Baca: Inilah 39 Paslon yang Ditetapkan KPU se-Sumbar di Pemilihan Serentak 2015)

Merujuk tagline pemilihan di Sumbar yaitu Pemilu Badunsanak, Husni mengatakan, kata badunsanak tersebut mempunyai makna dalam. "Badunsanak berarti bersaudara. Jadi, mari semua calon mengeluarkan semua strategi dan jurusnya masing-masing dalam meraih simpati pemilih, tapi layaknya saudara. Tetap saling menjaga, saling asah, saling asih dan saling asuh," harapnya.

Baca juga: Haul Kelima Husni Kamil Manik, 2 Gubernur dan 5 Sahabat Beri Kesaksian

Selain itu, Husni menegaskan, jajaran penyelenggara baik itu tingkat KPU maupun Bawaslu, tetap menjaga independensi. "Jangan sampai jadi bagian dari praktek curang yang akhirnya dilaporkan ke Jakarta, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP-red)," tegasnya. (vri)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: