Muzni Berjuang Hadirkan Presiden Jokowi Jelang Revitalisasi Kawasan SRG

Senin, 26 Maret 2018, 23:43 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Muzni Berjuang Hadirkan Presiden Jokowi Jelang Revitalisasi Kawasan SRG
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria saat berdiskusi di Kementrian Koordinator Bidang Maritim dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 22 Maret 2018 lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memperjuangkan berbagai bentuk alokasi anggaran pusat ke Solok Selatan (Solsel), Bupati H Muzni Zakaria melakukan kunjungan dan diskusi langsung ke Kementerian Koordinator Bidang Maritim (Kemenko Maritim) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis dan Jumat (22-23/3/2018).

Dalam agenda kunjungan selama dua hari itu, Muzni mengikuti rapat khusus terkait persiapan revitalisasi kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Kotobaru, bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono beserta Dirjen terkait di KemenPUPR, Jakarta. Pemugaran kawasan SRG senilai Rp110 miliar oleh KemenPUPR ini masih dalam proses lelang dan sedang berjalan.

"Ada sembilan catatan penting dari notulensi rapat pembahasan tersebut. Beberapa poinnya sudah kami penuhi dan telah selesai seperti sertifikasi bangunan rumah gadang dan lahan sebagaimana yang diminta oleh pihak KemenPUPR," ujarnya.

Catatan penting dari rapat tersebut, jelas Muzni, di antaranya KemenPUPR menekankan agar segera dilakukan penetapan kawasan SRG menjadi kawasan cagar budaya. Lalu, memperhatikan ketersediaan material, tukang tuo dan lainnya sebagai tahapan pelaksanaan kegiatan revitasisasi yang harus segera dimulai.

Baca juga: Solsel Inventarisir Persoalan Pengerjaan Revitalisasi Kawasan SRG

"Prioritas awal dari revitalisasi ini adalah untuk melestarikan atau memberi perlindungan bagi rumah gadang pada kawasan SRG sebagai sebuah warisan budaya. Lalu, sebagai pilot project juga akan dilakukan pembanguan satu menara pandang di luar kawasan SRG," katanya.

Dalam rapat itu, sebut Muzni, juga ditekankan agar proses revitalisasi dilakukan dengan prinsip kehati-hatian. Ini, katanya, merupakan sesuatu yang penting karena menyentuh dan menyangkut benda cagar budaya.

Kemudian, keberadaan revitasisasi ini diharapkan agar tidak menjadi bumerang dan masalah di kemudian hari. Termasuk, aspek daya dukung lingkungan yang diharapkan juga masuk dalam masterplan revitalisasi.

"Pak Menteri mengatakan, Presiden RI, Pak Jokowi In Syaa Allah akan ke SRG pada Minggu ke-2 April ini. Sebagai persiapan kunjungan Pak Presiden, akan dilakukan pemugaran terlebih dulu pada empat rumah gadang melalui sumber dana APBN, satu rumah gadang dari APBD, dan satu rumah dari CSR PT Tirta Investama. Ini semua tetap direvitalisasi sesuai masterplan," akunya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Sebelum rapat di KemenPUPR, Muzni terlebih dulu mengunjungi Kemenko Maritim. Di hadapan Asdep infrastruktur Pelayaran, Perikanan dan Pariwisata, Kemenko Maritim, Rahman Hidayat, Muzni memaparkan tentang tindak lanjut peningkatan ruas jalan nasional Lubuk Selasih-Surian-Padang Aro-batas Jambi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: