Pemko Payakumbuh Bertekad Pertahankan Pesantren Ramadhan

Selasa, 14 Juli 2015, 19:46 WIB | News | Kota Payakumbuh
Pemko Payakumbuh Bertekad Pertahankan Pesantren Ramadhan
Sekdako Benni Warlis ketika memberikan pencerahan pada kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Muslimin Labuh Baru, 14 Juli 2015. (Humas Pemko Payakumbuh)

VALORAnews - Kegiatan Pesentren Ramadhan di Payakumbuh, berakhir Selasa (14/7/2015). Seluruhnya, 33 ribu pelajar SD/MI, SMP/MTs/SMA/SMK/MA, menyelesaikan masa pendidikan Islami-nya pada 72 masjid di kota itu.

Walikota Riza Falepi bersama Wawako H Suwandel Muchtar dan Sekdako H Benni Warlis, menutup kegiatan religi itu, secara terpisah pada tiga masjid berbeda. Kegiatan berlangsung sejak 4 Juli 2015.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menutup Pesentren Ramadhan di Masjid Padang Tinggi, Wawako Suwandel Muchtar di Masjid Kelurahan Talang dan Sekdako H. Benni Warlis di Masjid Parak Betung, ketiganya di Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Saya sangat senang dan lega, kegiatan Pesentren Ramadhan di seluruh masjid berjalan lancar, aman dan nyaman sebagaimana diharapkan," kata Riza.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Dikatakan, program Pesentren Ramadhan itu akan dipertahankan terus, karena dinilai mampu membentuk kepribadian pelajar menjadi manusia yang berakhlak mulia. Sepanjang kegiatan, seluruh pelajar melakukan ibadah yang sangat mulia.

Diawali dengan shalat berjemaah, kemudian membaca dan menghafal al Quran, pencerahan agama melalui tausyiah penceramah serta menguji kemampuan pelajar dalam kegiatan keagamaan lainnya, seperti penyelenggaraan jenazah dan khotbah Jum'at.

Pesantren Ramadhan membuat syiar agama di Payakumbuh semarak, dari subuh hingga sore dan malam hari.

Ketua MUI Payakumbuh, H Mismardi, memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Payakumbuh, yang bersinergi dalam menggelar Pesantren Ramadhan itu.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

"Harapannya, ke depan penyelenggara terus mencari inovasi baru, sehingga tidak terkesan monoton," harapnya. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: