Disdikpora Solsel Sosialisasikan Dapodik

Selasa, 27 Februari 2018, 21:07 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Disdikpora Solsel Sosialisasikan Dapodik
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olagraga, Zulkarnaini saat jadi narasumber pada sosialisasi Dapokdik yang digelar di tujuh lokasi di Solok Selatan, beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews -Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraha (Disdikpora) Solok Selatan, gelar sosialisasi Data Pokok Pendidik dan Tenaga Pendidik (Dapodik), pada seluruh jajaran dinas pendikan dasar. Hal ini dilakukan, agar bisa meminimalisir kerugian Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam banyak hal serta memvalidasi data ASN.

Kepala Bidang GTK Disdikpora Solsel, Ridwan mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi Dapodik di tujuh lokasi dengan peserta kepala SD dan operator SD sebanyak 282 orang, kepala SMP dan operator SMP sebanyak 72 orang.

"Sesuai dengan motto Dapodik 'Satu Kata untuk Data'. Pada intinya untuk menghindari terjadinya kerugian bagi ASN dilingkungan Dinas Pendidikan Solsel," katanya.

Maksud kerugian tersebut adalah, kesalahan data seorang ASN oleh operator dan tanpa diawasi kepala sekolah, maka bisa saja gaji atau tunjangan yang semestinya lebih besar diterima oleh seorang ASN, jadi kecil.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Maka dari itu, sosialisasi yang telah di lakukan dapat betul-betul diterapkan oleh masing-masing sekolah. Pasalnya, data ASN ini akan menjadi acuan oleh pemerintah pusat sekali enam bulan, untuk berbagai hal, antara lain, untuk bantuan BOS sekolah, tunjangan dan gaji ASN itu sendiri.

Operator sekolah, merupakan ujung tombak pendataan di sekolah, operator sekolah berperan penting dalam pendataan di sekolah. Dalam melakukan pekerjaannya, operator sekolah dibantu seluruh perangkat dan stake holder yang ada di sekolah, untuk dapat selalu melakukan pembaharuan data di sekolah masing-masing.

"Operator, hendaknya harus selalu mengaplikasi data ASN, teranyar dengan pengawasan penuh kepada sekolah, sehingga tidak merugikan ASN serta merugikan sekolah," terang Ridwan.

Kegiatan Sosialisasi dan Updating Data Pokok Pendidikan ini menghadirkan narasumber, Zulkarnaini (Kadisdik), Ridwan (Kabid GTK) dan Herman Sugianto, di tujuh lokasi di tujuh kecamatan di Solok Selatan. (rls)

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: