3 Unit Rumah Gadang di Kawasan SRG Didata Tim DED PU-PR

Minggu, 25 Februari 2018, 15:56 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
3 Unit Rumah Gadang di Kawasan SRG Didata Tim DED PU-PR
Tim DED Kementrian PU-PR tengah melakukan pemdataan di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Sabtu (24/2/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tim Disign Engginering Detail (DED) Kementerian PU-PR bersama mahasiswa Universitas Bung Hatta, melakukan pendataan terhadap rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Solok Selatan, 24 Februari hingga 4 Maret 2018. Kegiatan ini, merupakan sebagai tindak lanjut restorasi rumah gadang yang ada di kawasan itu.

Kedatangan tim DED yang diketuai Martinus di kawasan SRG, disambut Kabid Tata Bangunan dan Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Solsel, Yance Bastian. Tim dengan jumlah 18 orang itu, juga akan menjajal sensasi menginap di rumah gadang.

Dikatakan Martinus, pihaknya mendapat tugas dari Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan Kementerian PU-PR RI melakukan penggambaran, pendataan kerusakan bangunan rumah gadang di kawasan SRG ini.

"Kami yang mendapat tugas langsung dari kementerian sebanyak 3 orang, ditambah tenaga dari mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang sebanyak 15 orang, untuk melakukan tugas penyiapan data yang akan dijadikan Rencana Anggaran Bangunan," kata Martinus.

Baca juga: Solsel Inventarisir Persoalan Pengerjaan Revitalisasi Kawasan SRG

Artinya, saat ini tim kami akan melakukan pendataan awal untuk 3 unit rumah gadang (B.26, B.28 dan B.29), dari total rumah yang telah masuk usulannya ke kementerian PU-PR sebanyak 32 unit.

Kegiatan penggambaran, pendataan kerusakan bangunan rumah gadang dikawasan SRG ini kontiniu dilakukan, dengan target pendataan untuk lebih kurang 40 unit rumah yang direncanakan. Sesuai program Restorasi Rumah Gadang di Kawasan SRG di Solok Selatan oleh pemerintah pusat, hingga Juli 2018 ini.

"Kita khusus mendata segala bentuk tata bangunan rumah gadang untuk dibuatkan Rencana Anggaran Biaya, yang selanjutnya diserahkan pada tim pusat yang diketuai oleh bapak Jhoni Wongso," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Tata Bangunan dan Jasa Konstruksi DPU Solsel, Yance Bastian saat ini pendataan yang akan dilakukan oleh tim adalah rumah gadang kelompok Bariang.

Baca juga: Bupati Solsel Kumpulkan Pemuka Nagari Koto Baru Bahas Revitalisasi Kawasan SRG

Dia mengatakan, sesuai dengan data usulan yang telah diserahkan per Januari 2018 kemaren rumah yang akan dilakukan restorasi baru berjumlah sebanyak 32 unit dari target kita sebanyak 60 unit.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: