Kecelakaan Kerja Beruntun di PT Waskita Karya, Alex: BUMN Konstruksi Mesti Dievaluasi

Selasa, 20 Februari 2018, 20:55 WIB | Wisata | Nasional
Kecelakaan Kerja Beruntun di PT Waskita Karya, Alex: BUMN Konstruksi Mesti Dievaluasi
Anggota DPR RI dapil Sumbar I, Alex Indra Lukman (kemeja putih, belakang), mendampingi Presiden RI, Joko Widodo bersama Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar), meninjau pengerjaan proyek padat karya di Dharmasraya, 8 Pebruari 2018 lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman mencatat, dalam kurun waktu lima bulan belakangan, delapan kali terjadi kecelakaan kerja di sektor pembangunan infrastruktur. Lima kecelakaan di antaranya, terjadi pada pengerjaan proyek konstruksi infrastruktur yang dilakukan PT (Persero) Waskita Karya. Empat di antaranya disebabkan karena grider.

"Ini saya persoalan serius, sehingga Presiden Joko Widodo meminta evaluasi dan perketat pengawasan pengerjaan pembangunan infrastruktur," kata Alex, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Barat I ini menjelaskan, bersamaan dengan Presiden Jokowi memperlihatkan komitmennya terhadap aspek keselamatan kerja, Komisi V DPR RI juga telah meminta dilakukan evaluasi dan pengawasan secara ketat terhadap proyek yang dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kita sudah minta evaluasi dan pengawasan pula proyek-proyek konstruksi infrastruktur yang dikerjakan BUMN," tegas anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini.

Baca juga: PDIP Sumbar: KPU Wajib Buat Peraturan Merujuk Keputusan Mahkamah Konstitusi

Dijelaskan, BUMN yang bergerak di sektor konstruksi infrastruktur jalan itu, saat ini menguasai hampir seluruh pengerjaan pembangunan infrastruktur di seluruh nusantara.

"Masalahnya, banyaknya jumlah proyek yang dikerjakan tidak diikuti dengan peningkatan sumber daya manusia yang dimiliki BUMN. Kalau ini tidak dievaluasi sebagaimana yang dimintakan Presiden dan DPR, sangat mungkin kejadian serupa akan tetap berulang," pungkasnya. (rls/kyo)

Baca juga: Keluarga yang Sehat Lahirkan Generasi Berkualitas dan Berdaya Saing

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: