Lima Tokoh Tak Diusulkan Gerindra karena Tak Kembalikan Daftar Isian

Minggu, 12 Juli 2015, 21:55 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Lima Tokoh Tak Diusulkan Gerindra karena Tak Kembalikan Daftar Isian
Kader PKS yang juga Gubernur Sumbar 2010-2015, Irwan Prayitno, mendaftar jadi calon gubernur ke Partai Gerindra dalam pemilihan serentak 2015 ini. (istimewa)

VALORAnews - Dari 11 nama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dan wakil ke DPD partai Gerindra Sumbar, lima di antaranya dinyatakan panitia seleksi (pansel), tidak memenuhi syarat (TMS). Salah satu sebabnya, tidak mengembalikan daftar isian yang dikirim pansel via email ke masing-masing calon.

"Kita sudah kirimkan daftar isian dan memberikan waktu yang cukup panjang untuk mengisi serta mengembalikannya ke DPD. Salah satu item atau poin dalam isian itu seperti terkait kejujuran, pemetaan massa calon, jumlah harta kekayaan calon serta dukungan PAC dan banyak lagi yang lainnya," ungkap Ketua Pansel DPD Gerindra Sumbar, Zulkifli Jailani, Minggu (12/7/2015) di Padang.

Dalam daftar isian tersebut, tambah Zulkifli, juga ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan komitmen calon untuk diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon gubernur dan wakil pada pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

Sebelumnya, dari 11 calon yang mendaftar ke Partai Gerindra sudah dilakukan beberapa tahapan seperti seleksi kelengkapan administrasi, dan yang yang terakhir DPD mrngirimkan daftar isian via email pada semua calon.

Baca juga: Update Banjir Bandang, 2 Jenazah di RSUD Tanah Datar dan 3 Jenazah di RSUD Sijunjung Belum Teridentifikasi

Terkait lima nama yang tidak lulus untuk diajukan ke DPP yakni Fauzi Bahar, Khairul Abrar, Husni Hadi, Nasrul Abit, serta wagub Muslim Kasim ia mengatakan, ada beberapa poin yang membuat beberapa calon tersebut gugur salah satunya tidak mengembalikan daftar isian yang telah dikirim ke email tersebut.

Ketika ditanyakan, adakah disampaikan alasan yang bersangkutan tidak mengembalikan daftar isian tersebut, Zulkifli tak memberikan jawaban pasti. Menurutnya, banyak sekali kemungkinan untuk itu, misalnya calon berfikir bahwa tidak mungkin terjadi koalisi dengan PKS, Gerindra, atau PAN.

Bisa juga calon sudah punya lobi-lobi sendiri di DPP, sehingga mengabaikan proses yang dilakukan Pansel, atau bisa jadi koalisi yang dibangun tidak masuk dalam skim mereka.

Dikatakan Zulkifli, nama yang dikirim Pansel ke DPP sebagai calon gubernur yaitu Irwan Prayitno (PKS, gubernur petahan) dan Suir Syam dari Partai Gerindra sendiri.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Pascabencana, Jual Sebagian di Sumbar, Sisanya Silahkan Bawa ke Luar

"Untuk wakil gubernur ada empat tokoh yakni, dua dari Partai Golkar yaitu Syamsu Rahim dan Hendra Irwan Rahim serta dari Partai Gerindra yaitu Zulkifli Jailani dan Syafrudin Putra Dt Sunggono," ungkapnya. (pl6)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: