Alumni Unand Kupas Potensi EBT, Surya: Sumbar Baiknya Fokus di Geothermal dan Biomassa

Minggu, 04 Februari 2018, 18:07 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Alumni Unand Kupas Potensi EBT, Surya: Sumbar Baiknya Fokus di Geothermal dan Biomassa
Ketua Harian DPP IKA Unand, Surya Tri Harto (dua dari kanan) memaparkan potensi dan tantangan EBT di Sumbar, dalam Dialog Kedjajaan Bangsa dengan tema Sumbar dan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sikola Cafe, Jl KIS Mangunsarkoro Padang, Sabtu (3/2/2018). (
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Dari sekitar 30.000 MW potensi panas bumi Indonesia, terang Surya, Sumatera Barat memiliki potensi panas bumi sekitar 1.500 MW atau sekitar 5 persen. Meski kendala keekonomian akan menjadi faktor utama yang menentukan dalam pemanfaatan panas bumi, pemerintah pusat maupun daerah perlu mengambil langkah-langkah khusus untuk memastikan pemanfaatan potensi panas bumi sebagai sumber energi terbarukan melalui beberapa langkah sistematis.

Langkah pertama yang dianggap paling penting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu panas bumi, manfaatnya, serta efek berganda positif yang ditimbulkannya apabila dikembangkan serta langkah-langkah mitigasi yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak negatifnya.

"Hal ini berangkat dari adanya kekhawatiran yang kurang beralasan tentang dampak pengeksploitasian panas bumi yang ternyata tidak benar," terangnya.(Baca: Emma Yohanna akan Bawa Potensi PLT Sekam ke Rapat Komite II DPD RI)

Baca juga: Transisi Energi Butuh Pilihan Tepat Agar Masyarakat Tak jadi Korban

Di samping langkah tersebut, beberapa langkah lain juga disarankan di antaranya mendorong percepatan pengeksploitasian panas bumi di Sumatera Barat kepada pemerintah pusat baik oleh swasta maupun oleh BUMN dengan memberikan insentif baik fiskal maupun kemudahan berinvestasi, serta faktor lainnya yang menjadi aspek penting terhadap tingkat pengembalian investasi. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: