Calon Atlet Porprov XV Solsel akan Jalani Tes Fisik

Selasa, 30 Januari 2018, 23:59 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Calon Atlet Porprov XV Solsel akan Jalani Tes Fisik
Ketua KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan bersama panitia saat rapat persiapan tes atlet di Sekretariat KONI Senin, (29/1/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan, mengagendakan kegiatan tes fisik atlet yang akan diagendakan pada 4-11 Februari 2018 ini. Kegiatan ini merupakan, sebagai bentuk persiapan untuk menghadapai pra Porprov dan Porprov Sumatera Barat XV di Padangpariaman, akhir 2018 ini.

Ketua Panitia Kegiatan, Rengga Husada mengatakan, pelaksanaan tes fisik atlet tersebut dilakukan dalam rangka melihat kondisi dasar fisik atlet secara umum dalam tujuan mencari bibit-bibit atlet asli Solsel.

"Program ini sesuai visi misi KONI Solsel menuju Solsel emas. Kita berikan kuota atlet yang mengikuti tes per cabang olahraga (cabor) sesuai kebutuhan dan berbagai pertimbangan. Atlet yang ikut tes fisik ini bukan berarti kuota untuk mengikuti Porprov, tapi sejauh mana kemampuan atlet kita," sebut Rengga saat rapat panitia, Senin (29/1/2018).

Dengan adanya tes ini, imbuhnya, bisa diketahui kemampuan atlet per cabor. Tes fisik ini juga diwajibkan pada semua cabor, terkecuali cabor tertentu.

Baca juga: Desrio Putra dan Mario Syahjohan Jelaskan Tugas Fungsi DPRD ke Pengurus OSIS

"Kita melibatkan 41 orang panitia, dimana panitia dibagi untuk 13 item pos atau jenis tes fisik. Untuk cabor yang berada di wilayah Sungai Pagu dan sekitarnya, tes dilaksanakan di SMAN 1 Solsel pada (4/2/2018) dan untuk cabor yang berada di wilayah Sangir sekitarnya diadakan di GOR Rimbo tangah, Lubuk Gadang pada (11/2/2018)," tambahnya.

Wakil Ketua II KONI Solsel, Eko Irawan menyebutkan, pelaksanaan tes fisik atlet merupakan program awal KONI Solsel di 2018 melalui bidang Pendidikan dan Penataran (Diktar). Selain itu, juga sebagai upaya melihat kemampuan fisik atlet per cabor secara umum dalam rangka mewujudkan Solsel emas untuk atlet putra daerah.

"Dengan adanya tes ini bisa diukur kemampuan atlet, siap atau tidak sebagai atlet," ujar Eko.

Ia berharap, semua cabor bisa ikut berpartisipasi, dalam menyonsong Iven Pra-Porprov dan Porprov Sumbar ke-XV di Padang Pariaman sekitar November 2018 mendatang.

Baca juga: 42 Cabor akan Dipertandingkan di Porprov XVI

"Hasil tes ini, kita akan bisa dapat gambaran sejauh apa kemapuan atlet Solsel untuk menghadapi Iven Porprov. Namun, tidak ada kaitannya dengan kuota atlet yang bakal mengikuti Porprov. Kita berharap ada kerjasama dalam menciptakan atlet-atlet yang betul-betul bisa diandalkan," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: