Kepala Jorong Nagari Harau Dikukuhkan

Senin, 29 Januari 2018, 18:53 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Kepala Jorong Nagari Harau Dikukuhkan
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyerahkan SK pengangkatan kepala jorong di Kenagarian Harau, kemarin. Kepala jorong ini dipilih melalui mekanisme seleksi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Jorong adalah corong pembangunanan nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Karena, kepala joronglah yang paling dekat dengan masyarakatnya. Untuk itu, menjabat sebagai kepala Jorong perlu komitmen kuat dalam kemajuan pembangunan daerah.

Hal itu diungkapkan Walinagari Harau, Sukriandi ketika melantik kepala jorong di kenagarian itu sekaligus pencanangan Kampung KB Kabupaten Limapuluh Kota di kenagarian tersebut. Menurut dia, melalui kepala joronglah nantinya walinagari mendapat informasi dan kondisi masyarakat di masing-masing jorong.

Untuk itu, khusus di Kecamatan Harau ini, jabatan kepala jorong dipilih secara seleksi, sehingga orang-orang yang dipercaya sebagai kepala-kepala jorong ini, benar-benar yang peduli terhadap pembangunan di masing-masing jorong.

"Perlu kerjasama antarjorong dengan walinagari, sehingga terjadi pemerataan pembangunan di Kenagarian Harau. Mewujudkan hal ini, kita lakukan musyawarah dengan masyarakat setempat dalam memilih kepala-kepala jorong," ujarnya.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Dari hasil musyawarah dan seleksi ketat itu, akhirnya terpilih 5 orang terbaik yang menjabat sebagai kepala-kepala jorong di masing-masing nagari. Mereke adalah, Hartendi yang dipercaya menjabat sebagai kepala Jorong Harau, Hardi Yuda (kepala Jorong Padang Tarok), kemudian Yendra M Nedi (kepala Jorong Landai) dan M Nur Iqbal (kepala Jorong Sungai Datar).

"Kita berharap, kepala jorong terpilih ini, bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sebagai aparat pemerintahan Nagari Harau," tambahnya.

Dijelaskan, ada beberapa Pakta Integritas yang mesti dilaksanakan, di antaranya melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai Tupoksi masing-masing pemerintahan nagari secara bersungguh-sungguh, disiplin dan bertanggung jawab.

"Dalam melaksanakan tugas diharapkan bersikap loyal dan patuh terhadap walinagari sebagai pimpinan dan petunjuk dan kebijakan walinagari sebagai acuan normatif dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pekerjaan," tukasnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sementara, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya, mengapresiasi pemilihan kepala jorong yang dilakukan secara musyawarah oleh masyarakat Kenagarian Harau. "Mudah-mudahan, kepala jorong yang bertugas dapat mengemban tugas dengan baik, seperti kita ketahui Harau adalah icon Limapuluh Kota, untuk itu komitmen dan kerja keras setiap lini diperlukan dalam mewujudkan Harau yang mendunia."ujarnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: