Hewan Peliharaan Warga di 46 Jorong akan Divaksin Rabies

Senin, 29 Januari 2018, 08:04 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Hewan Peliharaan Warga di 46 Jorong akan Divaksin Rabies
Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Mengantisipasi penyebaran virus rabies di Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Dinas Pertanian melakukan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan. Kegiatan ini berlangsung, dari 24 Januari hingga 8 Maret 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi mengatakan, vaksin rabies ini digelar hingga 3 bulan kedepan untuk mengantisipasi merebaknya virus rabies pada hewan peliharaan masyarakat.

"Saat ini masih kita fokuskan di Kecamatan Sangir. Karena, di Sangir kita temukan kasus positif rabies. Namun, kegiatan ini nantinya juga akan kita berlakukan di kecamatan lain yang ada di Solok Selatan," katanya.

Menurut dia, ada 46 jorong di 6 nagari yang jadi lokasi vaksin rabies. Pertama, Nagari Lubuk Gadang terdapat 15 jorong yang dimulai dari tanggal 24 hingga 31 Januari.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Selanjutnya, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya, terdapat 3 jorong dimulai dari 6 hingga 8 Maret. Kemudian, Lubuk Gadang Selatan terdapat 6 jorong dimulai dari tanggal 20 hingga 26 Fabruari.

Nagari Lubuk Gadang Barat terdapat 5 jorong dimulai dari 28 Februari hingga 2 Maret. Setelah itu, Nagari Lubuk Gadang Utara terdapat 7 jorong dimulai dari 7 hingga 8 Februari. Terakhir, Nagari Lubuk Gadang Timur terdapat 10 jorong dimulai dari 13 hingga 15 Februari.

"Itu merupakan daftar vaksin rabies keliling dari Dinas Pertanian. Pemberian vaksin tersebut kepada hewan peliharaan warga, langsung dibawahi oleh Puskeswan Sangir dengan tenaga ahli dokter hewan," katanya.

Diharapkan, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan lainnya, langsung membawa hewan peliharaan itu ke posko vaksin sesuai jadwal di nagari yang telah tertera.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

"Mudah-mudahan, dengan dilakukan vaksin rabies ini, bisa menekan penyebaran virus rabies di Solok Selatan," pungkasnya. (dky)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: