Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat Meriah dan Berkelas

Minggu, 21 Januari 2018, 21:36 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat Meriah dan Berkelas
Suasana acara Malam Kemilau Budaya Indonesia bagian Barat di sebuah hotel di Padang, Sabtu (20/1/2018) malam. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memanfaatkan suasana akhir pekan, panitia pelaksana Rapat Koordinasi Teknis Program Unggulan DPP Himpunan Wanita Karya (HW, ) menggelar acara Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat di sebuah hotel di Padang, Sabtu (20/1/2018).

Di kesempatan itu ditampilkan ragam kesenian dan pertunjukan budaya dari Indonesia Bagian Barat di hadapan lebih dari 100 orang undangan dari 16 provinsi se-Sumatera dan Jawa. Acara ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Rapat Koordinasi Teknis Program Unggulan HWK selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu (19-21/1/2018).

Malam Kemilau Budaya Indonesia Bagian Barat diawali dengan penampilan dari kelompok seni Sumbar Talenta binaan HWK Sumatera Barat, kemudian dilanjutkan dengan Peragaan Busana Tradisional HWK Indonesia bagian Barat yang didukung Komunitas Baju Kuruang Basiba.

Beragam baju adat dan tradisi dari 16 provinsi wilayah Sumatera dan Jawa ditampilkan dengan sangat apik oleh pengurus HWK tiap provinsi dengan diiringi musik daerah. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 600 model pakaian tradisional perempuan.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Sebagai Tuan Rumah, HWK Sumatera Barat mempersiapkan acara ini dengan baik. Suguhan pertunjukan bertema Minangkabau sangat terasa di dalam ruang tertutup itu. Apalagi penampilan peragaan busana tradisi yang dibawakan Shirley Idris, bintang tamu dari Malaysia mampu menarik perhatian dari para undangan yang memenuhi ruang tertutup itu.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengungkapkan rasa bangga dan dukungannya, akan kerja positif dari organisasi HWK. Sebagaimana biasa, Irwan Prayitno pun menyelipkan beberapa pantun spontan dalam sambutannya.

Kepala Balai Nasional Pelestarian Budaya, Suarman turut memberikan sambutan. Pejabat yang baru dilantik tersebut, mengajak HWK untuk selalu bergandengan tangan dengan pihak Balai Pelestarian Budaya dalam menaja kegiatan-kegiatannya nanti.

Pada malam tersebut, diluncurkan pula program unggulan HWK Indonesia yakni Festival Budaya Kreatif dan Koperasi HWK oleh Ketua Umum DPP HWK, Dany Soedarsono yang tampil dibalut busana daerah yang elegan bersama Sastri Y Bakri, Ketua HWK Sumatera Barat.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

Kemeriahan suasana acara tidak dapat dilepaskan dari penampilan demi penampilan dari Sumbar Talenta yang sudah 13 tahun malang melintang di panggung seni pertunjukan dalam dan luar negeri. Mereka membawakan berbagai pertunjukan mulai dari bernyanyi, musikalisasi puisi dan tari-tarian.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: