Disnakertrans Solsel Siap Latih 304 Calon Tenaga Kerja Mandiri

Selasa, 16 Januari 2018, 23:42 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Disnakertrans Solsel Siap Latih 304 Calon Tenaga Kerja Mandiri
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), pada 2018 ini akan melatih sebanyak 304 calon Tenaga Kerja Mandiri (TKM). Hal ini dilakukan, agar memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri guna mengurangi angka pengangguran.

Kepala Disnakertran Solok Selatan, Basrial mengatakan, pelatihan keterampilan ini dibagi dalam lima jurusan keahlian dan beberapa angkatan. Yang akan dimulai pada Februari 2018 mendatang.

Diantaranya, pelatihan keterampilan menjahit untuk 112 orang yang terdiri dari tujuh angkatan, tata boga 64 orang dibagi empat angkatan. Selanjutnya las 3G 64 orang dibagi empat angkatan, otomotif sepeda motor 48 orang untuk tiga angkatan dan mobiler satu angkatan 16 orang.

"Untuk pendaftarannya sudah kita mulai. Untuk pelatihan angkatan pertama akan kita mulai pada Februari mendatang," katanya.

Baca juga: 23 Kelompok Usaha Terima Bantuan TKM Rp20 Juta dari Kemenaker

Untuk pembiayaan semua pelatihan tersebut, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sedangkan yang dari APBD juga dilaksanakan pelatihan menjahit dan tata boga masing-masing satu angkatan.

"Bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan cukup menyerahkan foto copy kartu keluarga, KTP dan ijazah terakhir masing-masing satu rangkap serta foto ukuran 3x4 tiga buah," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan motivasi terhadap 100 orang generasi muda untuk mau berwira usaha. Pelatihan ini dimulai pada Februari sampai November 2018 dan peserta akan diberikan sertifikat agar mereka mendapat kepercayaan sebagai tenaga terlatih.

"Setiap paket pelatihan berisikan 16 orang dengan total dana sebesar Rp300 juta,: katanya. (rls)

Baca juga: ISI Padangpanjang Siap Gelar TKMFI 2018: Rawat Kebhinekaan melalui Fotografi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: