SMKN 11 Bakal Dibangun di Jalan Kelok Kuranji

Senin, 18 Desember 2017, 23:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
SMKN 11 Bakal Dibangun di Jalan Kelok Kuranji
Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo berdialog dengan warga pemilih tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan SMK1 11 Kuranji, Senin (18/12/2017). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Harapan masyarakat Kuranji khususnya pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), diyakini bakal segera terwujud. Meskipun saat ini sudah diakomodir melalui SMKN 3 Padang filial atau kelas jauh, dengan memanfaatkan gedung SDN 35 jalan Simpang Akhirat Bukit Napa Kuranji.

Di sekolah tersebut saat ini terdapat sebanyak 280 murid SMKN 3 khususnya yang berdomisili di wilayah Kuranji dan sekitarnya. Hal ini demi mengakomodir siswa agar tidak jauh lagi bersekolah ke SMKN 3 Jl. Jenderal Sudirman No 11.

Menyikapi itu, Pemerintah Kota Padang sudah mulai memfasilitasinya sejak beberapa tahun lalu. Sehingga lahirlah wacana untuk didirikannya sebuah SMK yaitunya SMKN 11 di Kuranji. Namun untuk ini, membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Termasuk bersama tokoh masyarakat khususnya Pemko Padang melalui OPD terkait dalam mendukung penyediaan sarana seperti tanah tempat didirikannya sekolah tersebut nantinya.

Baca juga: Gubernur Hadiri Batagak Panghulu Datuak Rajo Endah Nan Randah Naik Sarumpun

Senin (18/12/2017), Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo bersama jajaran, meninjau lokasi rencana didirikannya SMKN 11 itu. Lokasi tersebut berada di jalan Kelok Kuranji berdekatan dengan Masjid Nurul Ihsan.

Di lokasi itu, terdapat tanah warga seluas 3,5 hektare dengan 3 buah sertifikat kepemilikan. Berdasarkan pantauan, para pemilik tanah didampingi sejumlah tokoh masyarakat menyatakan sepakat dan setuju berdirinya SMKN di situ.

"Kita sudah lama menginginkan adanya sebuah SMKN di Kuranji ini, demi mengakomodir aspirasi masyarakat yang hendak bersekolah di SMK Negeri dengan tidak jauh dari rumahnya. Upaya ini demi mengurangi biaya transportasi atau jarak yang terlalu jauh bagi siswa kita jika bersekolah ke arah pusat kota," terang Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Padang Barlius disela peninjauan.

Dikatakan, disamping selaku kewenangan Pemerintah Provinsi, pihaknya juga akan terus berupaya mengakomodir segala sesuatunya, sehingga SMKN 11 Kuranji bisa secepatnya berdiri. Salah satunya termasuk konsolidasi dengan pemilik tanah dan meninjau Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar tidak menyalahi aturan.

Baca juga: Dies Natalis ke-68, Unand Tempati Peringkat 6 Nasional, Ini Harapan Gubernur Sumbar

"Mari kita sama-sama berusaha dan berdoa, semoga SMKN 11 Kuranji secepatnya berdiri. Menurut saya, lokasinya sangat tepat, karena berada di pinggir jalan kemudian di sampingnya juga ada Masjid dan suasana yang sejuk. Karena memang, konsep kita di Pemko Padang dimana tinggal di situ murid bersekolah dan begitu juga bagi guru yang mengajar," tukasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: