BI Latih 580 Wartawan se-Indonesia

Senin, 20 November 2017, 16:43 WIB | Olahraga | Nasional
BI Latih 580 Wartawan se-Indonesia
Direktur Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia, Dyah Nastiti saat membuka Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia, di Jakarta, Senin (20/11/2017). Pelatihan ini bertemakan 'Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyaraka

VALORANews - Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral yang menjalankan fungsi sebagai otoritas moneter, sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan memandang, komunikasi merupakan hal yang penting.

"Komunikasi yang lancar, efektif dan efisien akan membuat transmisi kebijakan BI dapat diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi," ungkap Direktur Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia, Dyah Nastiti saat membuka Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia, di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Komunikasi yang lancar, efektif dan efisien, terang Dyah, membutuhkan peran serta dari media massa sebagai institusi yang memiliki tugas untuk menyebarkan berita dan informasi yang obyektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Sebagai salah satu pilar demokrasi, media massa juga memiliki peran untuk mengawasi kebijakan kebijakan yang dikeluarkan otoritas," terangnya. "Media merupakan jembatan yang menghubungkan kita dengan masyarakat sehingga pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat cukup besar," tambahnya.

Baca juga: Bupati Agam Ajak PANTAS Jabodetabek Terus Berkontribusi Bangun Kampung Halaman

Atas peran media massa yang besar tersebut, menurut Dyah, BI memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, terutama terhadap fungsi Bank Sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan.

Pelatihan yang diikuti wartawan media cetak, elektronik dan siber dari berbagai daerah di Indonesia ini, mengambil tema 'Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat.' Kegiatan ini diselenggarakan 19-22 November 2017 di Jakarta dan diikuti oleh 580 wartawan dari seluruh Indonesia. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: