Irfendi Ziarah Kemakam Pahlawan Lurah Kincir di Hari Pahlawan

Sabtu, 11 November 2017, 18:00 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Ziarah Kemakam Pahlawan Lurah Kincir di Hari Pahlawan
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dan peserta upacara Hari Pahlawan 2017, berdoa bersama di makam pahlawan Lurah Kincir di Kenagarian Situjuah Batur, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Jumat (10/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2017, Pemkab Limapuluh Kota melakukan ziarah ke makam pahlawan Lurah Kincir di Kenagarian Situjuah Batur, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Jumat (10/11/2017).

Ziarah yang dipimpin bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ini dihadiri Plt Sekda, Taufik Hidayat, kepala OPD, pelajar, kepolisian dan aparat TNI serta masyarakat di Kenagarian Situjuah Batua.

Dalam kegiatan yang berlangsung Khidmat itu, Irfendi Arbi mengatakan, ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Peristiwa Situjuah. Dimana, suatu peristiwa penyerangan yang dilakukan pasukan penjajah Belanda terhadap para pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang menewaskan beberapa orang pimpinan pejuang dan puluhan orang anggota pasukan lainnya.

"Kita menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," ujar Irfendi Arbi.

Baca juga: HARI PAHLAWAN KE-78: DANDIM 0311 Pimpin Upacara di Pessel

Menurutnya, melalui peringatan hari pahlawan itu, masyarakat dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dan semangat kepahlawanan dengan berpartisipasi aktif bersama membangun kabupaten Limapuluh Kota kedepan.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawannya. Dengan semangat kepahlawanan yang diwariskan pahlawan itu, harus dijadikan sebagai sebuah inspirasi untuk terus meningkatkan pembangunan di kabupaten ini," tambahnya.

Kesempatan itu, dia juga mengajak, seluruh generasi muda Limapuluh Kota menanamkan nasionalisme dan semagat rela berkorban, serta meningkatkan kompetensi, kreativitas, wawasan, sikap dan pola pikir untuk maju jauh kedepan. "Mari kita mantapkan komitmen moral dan semangat perjuangan dalam menyatukan tekad, guna mewujudkan cita-cita para pejuang Indonesia dalam pembangunan di segala bidang,"pungkasnya.

Sebelum melakukan Ziarah ke makam pahlawan, Pemkab Limapuluh Kota juga melakukan upacara peringatan hari pahlawan di halaman kantor bupati Limapuluh Kota, Bukik Limau, Sarilamak. Upacara ini berlangsung Khidmad dan lancar.

Baca juga: Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tingkat Sumbar, Audy: Kekayaan Alam dan Potensi Penduduk jadi Tantangan

Hadir Wakil Ketua DPRD, Sastri Andriko, Dt Putieh, Kapolres Limapuluh Kota, Haris Hadis, Plt Sekda, Taufik Hidayat, kepala-kepala OPD, veteran, ASN, siswa SMA, beserta ratusan peserta lainnya. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: