Penyandang Disablitas Dibantu Pemkab Limapuluh Kota

Selasa, 07 November 2017, 20:18 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Penyandang Disablitas Dibantu Pemkab Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto bersama dengan penerima bantuan dari Dinas Sosial bagi penyandang disabilitas, di kenagarian Sungai Kumayang, Kecamatan Luak, Selasa (7/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyalurkan bantuan bagi masyarakat penyandang disablitas (cacat fisik), di kenagarian Sungai Kumayang, Kecamatan Luak, Selasa (7/11/2017). Bantuan dari Dinas Sosial itu berupa, 9 unit kursi roda, tongkat ketiak dan tongkat bagi penyandang tuna netra.

"Semoga dengan adanya bantuan yang diberikan, dapat meringankan beban saudara kita yang terkena musibah. Bantuan yang disalurkan ini, merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat," ujar Irfendi Arbi.

Sebelum menyerahkan alat bantu kepada penyandang disabilitas, Irfendi berharap agar alat yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. "Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk menunjang peningakatan fungsi fisik dan sosial serta mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas kepada orang lain," tambahnya.

Dikatakan, pemberdayaan sosial bagi penyandang disablitas merupakan satu program yang menjadi fokus pemerintah daerah, sebab penyandang disabilitas sangat memerlukan perhatian pemerintah daerah.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Untuk itu, kepada perangkat nagari, dinas terkait dan lapisan masyarakat harus lebih pro aktif mendata masyarakat penerima bantuan. Sehingga, jika ada saudara kita yang memerlukannya, bisa segera disalurkan," sebut dia.

Dikatakan, kepedulian sosial dari masyarakat perlu digalakan di tengah masyarakat, karena saat ini apatisme di tengah masyarakat sudah semakin terasa. Dia juga mengharapkan penyandang disabilitas harus tetap semangat dalam menjalani hidup. "Saya apresiasi kepada Dinas Sosial, atas program yang dibuat dalam membantu masyarakat, semoga program ini dapat terus berlanjut," pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Akmal mengatakan, bantuan ini diberikan kepada 30 orang penyandang disablitas yang ada di kenagarian Sungai Kumuyang.

"Alat bantu yang diberikan ini merupakan sarana penunjang bagi penyandang disabilitas dalam melaksanakan fungsi sosialnya. Mudah-mudahan, bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita, ini salah satu upaya Dinas Sosial dalam mengakses sumber dana yang dapat menyalurkan bantuannya kepada para penyandang disabilitas," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sharial, warga Simbaladuang, Kenagarian Sungai Kumayang yang mendapatkan bantuan akibat cacat kaki selama 13 tahun lalu, mengucapkan terimakasih atas bentuan yang diberikan pemerintah daerah kepadanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: