Babinkantibmas Lakukan Penghijauan di Masjid Raya Sintuak

Sabtu, 21 Oktober 2017, 23:04 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Babinkantibmas Lakukan Penghijauan di Masjid Raya Sintuak
Babinkantibmas Sintuak Toboh Baru, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Aipda Roy Martin, melakukan penanaman bibit pohon di halaman Masjid Raya Nagari Sintuak, disaksikan Kapolsek Lubukalung, AKP Eri, Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Sintuak Ze

VALORAnews - Babinkantibmas Sintuak Toboh Baru, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman, lakukan penghijauan di kawasan Masjid Raya Nagari Sintuak dengan menanam 100 bibit pohon. Penanaman dilakukan bersama Kapolsek Lubukalung, AKP Eri, alim ulama, ninik mamak, tokoh masyarakat dan perangkat Nagari Sintuk, usai shalat Jumat (20/10/2017).

Menurut Babinkantibmas Sintuak Toboh Baru, Aipda Roy Martin, penanaman bibit pohon ini bertujuan untuk memperbanyak pohon pelindung, sehingga tidak gersang di seputar kawasan masjid.

"Bibit yang ditanam adalah glodokan tiang, palam ekor tupai dan pucuk merah. Sebelum penanaman ini, ada tiga kali saya berbincang-bincang di warung di depan masjid ini," kata Roy Martin. "Penanaman ini juga salah satu bentuk meningkatkan silaturrahmi dengan masyarakat. Sebagai Babinkantibmas, kami menjalankan door to door system (DDS) dan tiada hari tanpa silaturrahmi (THTS)," tambahnya.

Selain itu, juga melakukan berbagai imbuan ke masyarakat. Imbauan tersebut dipajang di warung, masjid, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Imbauan tersebut bekerjasama dengan pihak sekolah dan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM). "Alhamdulillah, mampu mengurangi kriminalitas di tengah masyarakat," kata Roy Martin.

Baca juga: Biofarma Tanam 600 Tanaman Mangrove Jenis Rhizophora di Pantai Kerawang

AKP Eri mengakui, penanaman bibit oleh Babinkantibmas ini, merupakan yang pertama di Polsek Lubuk Alung. Ini patut diberikan apresiasi karena mampu meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat.

"Terbukti, beberapa minggu lalu kasus pencurian berhasil diungkap pelakunya dalam waktu singkat. Karena masyarakat merasa sudah terjalin baik silaturrahminya dengan Bhabinkantibmas, sehingga cepat memberikan informasi," kata AKP Eri.

Sebelum shalat Jumat, Eri menyampaikan kepada jamaah, partisipasi masyarakat sangat penting dalam mencegah berbagai penyakit masyarakat. Seperti kecanduan narkoba yang bisa melakukan tindakan kejahatan berikutnya, yakni pencurian. Mereka yang sudah kecanduan narkoba, apa pun dijual, termasuk anaknya pun dijual. Kalau tidak ada uang lagi, mencuri adalah jalan yang dilakukan untuk mendapatkan uang membeli narkoba.

"Untuk itu, masyarakat Sintuak harus menjauhkan diri dari narkoba," kata AKP Eri yang dilantik menjabat Kapolsek Lubukalung sebulan lalu.

Baca juga: YHLI Ajak Anggota Porbbi Tanam 1.000 Tanaman Produktif di Salingka Danau Maninjau

Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Sintuak, Zeki Aliwardana menyebutkan, selama ini Babinkantibmas Sintuak terlihat dekat dengan masyarakat. Tidak saja pada jam dinas di lapangan bersama masyarakat, bahkan di luar jam dinas pun, Aipda Roy Martin terlihat berdiskusi masalah hukum dan kemasyarakatan di Sintuak.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: