FKG Unbrah Gelar BKGN ke-8

Senin, 09 Oktober 2017, 20:05 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
FKG Unbrah Gelar BKGN ke-8
Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo menyaksikan murid SD yang dilatih soal kebersihan gigi dan mulut pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ke-8/2017, di Pelataran Kampus FKG Unbrah, Jl Bypass KM 14 Sungai Sapih, Kuranji, Senin (9/10/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyambut positif digelarnya Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ke-8/2017 oleh Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahmah (Unbrah).

Diketahui, kegiatan yang dikerjasamakan dengan PT Unilever Indonesia itu, dilaksanakan selama 9-11 Oktober ini, memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat terutama dalam menyikapi dan mengatasi permasalahan penyakit gigi dan mulut.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyambut BKGN ke-8 FKG Unbrah ini. Karena memang, bagi masyarakat kita di Padang sangat memerlukan edukasi, pendidikan serta pembiasaan yang lebih maksimal lagi dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi," sebut Mahyeldi saat membuka kegiatan yang dilangsungkan di Pelataran Kampus FKG Unbrah, Jl Bypass KM 14 Sungai Sapih, Kuranji, Senin (9/10/2017).

Menurut Mahyeldi, kesehatan gigi dan mulut sangat penting, sehingga perlu perhatian secara serius dan sungguh-sungguh. Perlu upaya edukasi melalui pendidikan dan sosialisasi untuk mengatasi penderita gigi berlubang yang angkanya terbilang tinggi setiap tahunnya.

Baca juga: Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ini Harapan Gubernur ke Alumni Fakultas Kedokteran Unbrah

"Semoga melalui kegiatan ini dari tahun ke tahun akan terjadi peningkatan bagi masyarakat dalam menjaga, merawat dan memeriksakakan giginya. Sehingga, setiap masyarakat akan memiliki kesehatan gigi yang baik dan terhindar dari segala penyakitnya," imbuhnya.

Sementara, Ketua Pelaksana BKGN ke-8 FKG Unbrah, drg Andries Pascawinata menyebutkan, tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai upaya promotiv dan preventif dengan cara mengedukasi serta memberikan informasi selengkap-lengkapnya tentang pentingnya kesehatan gigi bagi masyarakat. Di samping itu membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gigi yang baik.

"Kita berharap, ini akan menjadi pemicu dan penggerak bagi masyarakat untuk meningkatkan motivasi dalam memelihara kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga ke depannya tercapai masyarakat yang terbebas dari masalah gigi dan mulut," jelasnya.

Ditambahkannya, adapun beberapa kegiatan yang dilakukan selama 3 hari ini yaitu pemeriksaan gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, sikat gigi masal serta edukasi dan penyuluhan kesehatan gigi.

Baca juga: USR V Unbrah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis dengan Dokter Spesialis

Semuanya dilakukan secara gratis bagi masyarakat, karena persyaratannya hanya membawa kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau pernyataan bersedia melakukan pemeriksaan dari orang tua bagi tingkat anak-anak.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: