Konservasi Harimau Sumatera, Agusman: TNKS Butuh Mitra

Jumat, 06 Oktober 2017, 11:56 WIB | Kuliner | Nasional
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Proyek Sumatran Tiger, menggelar pelatihan komunikasi dan advokasi guna mewujudkan generasi pelindung Harimau Sumatera, Kamis (5/10/2017) di Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Kegiatan ini diikuti sejumlah jurnalis, bagian humas pemerintahan, komunitas pecinta lingkungan, perwakilan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) dan perwakilan Global Environment Facility (GEF) di empat provinsi di Sumatera yakni Provinsi Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Agusman saat pembukaan kegiatan mengatakan, pihaknya berterima kasih atas inisiatif Proyek Sumatran Tiger melaksanakan pelatihan komunikasi dan advokasi ini.

"TNKS sangat memerlukan bantuan para mitra untuk menggaungkan pentingnya konservasi Harimau Sumatera," ujarnya.

Baca juga: Harimau Sumatera Direkam Satpam di Siak, Warga Diminta Hindari Jam Aktif Sore hingga Pagi

Hal ini disebabkan, kebutuhan akan lahan terus meningkat yang imbasnya beberapa tahun terakhir TNKS tertekan. Saat ini, TNKS seperti kehilangan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk menjaga hutan konservasi.

"Banyak yang menganggap TNKS tidak produktif dan sangat bagus untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan," katanya.

Padahal, fungsinya sangat banyak dan salah satunya tempat hidup berbagai ekosistem. "Saat ini, TNKS butuh mitra untuk menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya keberadaan TNKS untuk kehidupan," katanya.

Sementara, pakar lingkungan dan ahli Harimau Sumatera dari Universitas Andalas Padang, Dr Wilson Novarino menyampaikan, perkembangan terbaru kondisi spesies Harimau Sumatera. Untuk populasinya merupakan sebuah tantangan dalam upaya konservasi satwa dilindungi itu.

Baca juga: BBKSDA Terima 4 Ekor Rusa Sambar Peliharaan Warga Selat Panjang, Ini Tahapan dan Proses Pelepasliaran di Wilayah RER

Secara khusus, Wilson juga mengupas manfaat pelestarian populasi Harimau Sumatera dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Menurutnya, harimau memiliki peran ekologis dan sosial.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: