Solsel Gagas Pembentukan Tim Monitoring Penyaluran Dana Desa

Senin, 28 Agustus 2017, 23:28 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Gagas Pembentukan Tim Monitoring Penyaluran Dana Desa
Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi. (diky lesmana/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, akanmembentuk Tim Gabungan Monitoring Penyaluran Dana Desa. Hal ini, guna mempermudah melakukan pemantauan penyaluran dana desa dimasing-masing nagari.

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan, tim ini nantinya terdiri dari pihak Inspektorat, Keuangan Daerah, Kejaksaan Negeri, dan Kepolisian.

"Pembentukan tim monitoring ini merupakan usulan dari pihak kejaksaan Solok Selatan. Ada baiknya tim ini dibentuk karena dana yang disalurkan pemerintah pusat tersebut tidak sedikit jumlahnya," katanya.

Selain itu, tim monitoring ini nantinya juga bisa memberikan saran dan pendampingan atas penyaluran dana desa tersebut. Kemudian, tim ini juga nantinya sebagai tempat konsultasi para wali nagari baik secara aturan dan sisi hukum dalam penyalurannya.

Baca juga: JEMBATAN GANTUNG Sikabu Munto Diperbaiki dengan Dana Desa Rp33,8 Juta

"Tim monitoring ini dibuat bertujuan membantu nagari dalam pengelolaan dan penyaluran danan desa. Agar tidak berbenturan dengan aturanndan hukum yang berlaku," jelasnya.

Apalagi, lanjut Yulian Efi, saat ini masih banyak wali nagari dan perangkatnya yang belum mengerti dengan sistem keuangan serta pelaporan administrasi keuangan. Ditambah dengan sistem berbasis aplikasi yang menyulitkan nagari dan ini bisa berujung kepada kesalahan yang berujung bertentangan dengan hukum.

"Padahal, sistem tersebut sebenarnya mempermudah pekerjaan. Melalui aplikasi Simda tersebut mempermudah kita dalam penggunaan dana sesuai peruntukannya," katanya.

Tim ini nantinya akan berkolaborasi dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Solok Selatan sekaligus akan mempermudah pengelolaan keuangan nagari.

Baca juga: Agam Dinobatkan jadi yang Terbaik dalam Penyaluran dan Realisasi Dana Desa Wilayah KPPN Bukittinggi

"Mudah-mudahan, tim ini segera terbentuk dan bisa bekerja dalam waktu dekat," pungkasnya. (dky)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024