Emzalmi Resmikan Pondok Al Quran Aswaja

Sabtu, 12 Agustus 2017, 18:11 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Emzalmi Resmikan Pondok Al Quran Aswaja
Wakil Walikota Padangm, Emzalmi memotong pita tanda diresmikannya penggunaan Pondok Al Quran Ahlussunah Wal Jama'ah (Aswaja) di Piai Tangah, Kecamatan Pauh, Kamis (10/8/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Walikota Padang, H Emzalmi meresmikan pemakaian gedung Pondok Al Quran Ahlussunah Wal Jama'ah (Aswaja) di Piai Tangah, Kecamatan Pauh, Kamis (10/8/2017).

Hadirnya pondok al Quran tersebut merupakan gagasan 7 orang di antaranya Camat Pauh yang saat itu dijabat Wardas Tanjung, Wakil Walikota Emzalmi yang juga menjadi pembina pondok.

Keinginan itu dilatarbelakangi, di lokasi bangunan pondok al Quran saat ini pernah berdiri Madrasah Tarbiyah Islamiah. Selain itu, juga disebabkan saat ini sangat susah mencari qori dan qoriah, bahkan bisa dikatakan sudah jarang anak-anak yang mau belajar al Quran setelah menamatkan sekolah menengah pertama.

Dalam kesempatan itu, Emzalmi mengatakan, Pembangunan Pondok al Quran sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2003 tentang Wajib Pandai Baca Tulis al Quran serta program pemko dalam mewujudkan kota yang agamis.

Baca juga: Emzalmi Lepas Jenazah Ibunda Arfian

"Pemerintah Kota Padang sangat mendukung dan berterima kasih sekali kepada Perusahaan Semen Padang, dengan dana CSR-nya sudah membantu membangun pondok al Quran. Dengan hadirnya pondok ini, saya berharap Piai Tangah ini bisa menjadi kampung al Quran dan bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak Piai Tangah hafal al Quran. Tidak ada anak yang tidak bisa baca al Quran," sebut Emzalmi.

Sementara, Ketua Kerapatan Adat Nagar (KAN) Kecamatan Pauh, Martius Malin Marajo menyebut, pendirian bangunan ini dilatarbelakangi adanya tanah wakaf. "Kita bersyukur, PT Semen Padang sangat mensupport dan membantu dengan dukungan penuh untuk berdirinya pondok alquran ini," terangnya.

Sementara, Ketua Pengurus Pondok al Quran Ahlullsunah Waljamah, Munyar M mengatakan, pondok ini sudah berdiri sejak 1954, dibangun diatas tanah wakaf kaum suku melayu. Gedung Pondok al Quran Ah-lullsunah Wal Jama'ah yang dibangun masyarakat dengan cara bergotong royong, kemudian roboh pada 2009.

"Sejak 2010 tidak beraktifitas lagi. Setelah dibangun kembali, sekarang pondok al Quran mini siap dimanfaatkan," terangnya. (rls/vri)

Baca juga: Pelimpahan Wewenang Wali Kota ke Camat Dikupas

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: