Pengusaha Muda Minang Perlu Diciptakan

Selasa, 18 Juli 2017, 18:11 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Pengusaha Muda Minang Perlu Diciptakan
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyambut Wapres RI, HM Jusuf Kalla saat peresmian kampus UNP, di Padang, Sabtu (15/7/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengakui perlunya menumbuhkembangkan jiwa wirausaha di tengah generasi muda. Ia juga mendukung deklarasi antiradikalisme yang dilakukan sejumlah perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Irfendi di sela acara peresmian gedung baru Universitas Negeri Padang (UNP), Deklarasi Antiradikalisme dan peluncuran Anugrah Minang Enterpreneurship oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Padang, Sabtu (15/7/2017).

"Seperti disampaikan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, kita sangat berharap lahirnya pengusaha muda di Ranah Minang ini, termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota sebagai salah satu solusi bagi masalah ketenagakerjaan. Dengan adanya entrepreneur-entrepreneur baru, kita berharap bisa menjadi tuan di rumah sendiri dan dapat mengatasi masalah pengangguran di daerah," ujar Irfendi.

Mengutip penyampaian Wapres, Irfendi berharap, generasi muda di daerahnya memiliki motivasi menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja baru. Sesuai potensi daerah, untuk Kabupaten Limapuluhn Kota bisa saja membuka usaha di bidang peternakan, pertanian dan perkebunan.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Sesuai potensi yang ada, kita ingin para tamatan perguruan tinggi di daerah ini juga membuka usaha atau berbisnis di bidang peternakan atau pertanian. Ayo kita motivasi diri sendiri untuk lebih kerja keras dan bertekun," ungkap Irfendi.

Diakui Irfendi, menjadi Enterpreneurship memang tidak semudah membalik telapak tangan. Sebaliknya menuntut perjuangan dan akan wajar saja bila dalam perjalanannya terjadi berbagai kendala dan hambatan.

"Untuk mewujudkan generasi yang inovasi dan kreativitas dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha itu tentunya kita sangat berharap dukungan berbagai pihak terutama peran perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing," tutur Irfendi.

Irfendi juga mengaku, sangat mendukung mendeklarasikan antiradikalisme yang dilakukan sejumlah perguruan tinggi. Sebab, paham radikalisme sangat meresahkan dan merugikan masyarakat.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Perang terhadap radikalisme ini juga harus di tularkan kepada masyarakat di daerah termasuk Kabupaten Limapuluh Kota yang bisa saja berpotensi timbulnya paham radikalisme. Bukan saja pergururuan tinggi, kita juga tidak mau Kabupaten Limapuluh Kota menjadi tempat terjadinya radikalisme," ungkap Irfendi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: