Dimulai Besok, Pemko Payakumbuh Gelar Pasar

Kamis, 25 Juni 2015, 18:04 WIB | Olahraga | Kota Payakumbuh
Dimulai Besok, Pemko Payakumbuh Gelar Pasar
Pasar Pabukoaan di Payakumbuh, tampak sepi dari pengunjung, Kamis (25/6/2015). (Humas Pemko Payakumbuh)

VALORAnews - Untuk membantu warga menghadapi Lebaran 1436 Hijriah, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, akan menggelar Pasar Murah di halaman Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, di Jalan Imam Bonjol Payakumbuh, tepatnya di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Payakumbuh Barat, selama lima hari, 29 Juni hingga 3 Juli 2015.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, Dahler didampingi Betri Yetti (Kabid Perdagangan), di Balaikota Payakumbuh, Kamis (24/6/2015), menginformasikan, kegiatan pasar murah ini, sebuah kebijakan pemko untuk membantu warga dari golongan ekonomi kurang mampu.

Barang-barang yang dijual, adalah bahan-bahan keperluan menghadapi lebaran seperti beras, minyak goreng, sirup, mentega, susu kaleng, kacang tanah, terigu, gula pasir, mie instan dan roti kaleng. Harga barang yang dijual, sama dengan harga distributor. "Atau lebih rendah dari harga enceran di pasar," kata Dahler.

Pasar murah yang digelar itu, tambahnya, kebijakan pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, dalam mengantisipasi terjadinya spekulasi harga barang kebutuhan lebaran, oleh oknum pedagang yang ingin mencari keuntungan besar.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Dikatakan, peran distributor yang ada di Payakumbuh, sangat membantu gelar acara pasar murah. Karena, barang-barang yang dijual merupakan sembako milik distributor. "Kita hanya menyediakan tempat berjualan dan pramuniaganya saja. Sedangkan, barang yang dijual milik distributor," tambah Kabid Perdagangan Betri.

Pascapasar murah, mulai Senin (6/7/2215) hingga empat hari ke depannya, Dinas Koperindag juga akan menyalurkan bantuan sembako kepada 2.284 KK Sejahtera I, yang ada disetiap kecamatan. Data KK penerima atau rumah tangga sasaran (RTS), berdasarkan data PPLS yang dilakukan BPS bersama Bappeda pada 2011 lalu. "Bantuan sembako ini, akan diberikan kesemua RTS menghadapi lebaran," katanya. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: