Ada 39 Pelamar Calon Panwas Pilkada Padang

Kamis, 22 Juni 2017, 00:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ada 39 Pelamar Calon Panwas Pilkada Padang
Salah seorang panitia seleksi calon pengawas pemilihan di Sumbar, Samaratul Fuad. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kota Padang jadi daerah yang paling banyak pendaftar calon pengawas pemilu pada pemilihan serentak 2015. Hingga hari ke-5 masa pendaftaran, calon pengawas pilkada yang telah tercatat di meja panitia penerimaan sebanyak 39 orang. Sementara, Kabupaten Pasaman tercatat sebagai daerah paling minim yakni baru satu orang pelamar.

"Kita di panitia seleksi telah menetapkan kuota minimal pendaftar sebanyak 12 orang per daerah. Jika kurang dari angka itu, kita akan perpanjang masa rekruitmen," ungkap salah seorang panitia seleksi, Samaratul Fuad pada sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan serentak 2018 oleh Bawaslu Sumbar, Rabu (21/6/2017) di Padang.

Hingga pukul 15.30 WIB, panitia seleksi mencatat, sudah ada lima daerah yang melebihi kuota minimal. Empat daerah di wilayah I (Padang 39 orang, Pessel 12 orang, Dharmasraya 12 orang, Sawahlunto 12 orang) dan satu daerah di wilayah II (Kota Pariaman 12 orang).

"Pendaftaran calon Penwas pemilihan ini sampai 24 Juni 2017, pukul 17.00 WIB. Pendaftar bisa mengantar langsung ke sekretariat Jl Pramuka No 11 Padang atau cap pos paling lambat 22 Juni 2017," tambah Sekretaris Pansel Wilayah II, MA Dalmenda.

Baca juga: Pjs Bupati Agam Bicarakan Netralitas ASN dengan Bawaslu, Ini Permintaan Suhendra

Dikatakan, hasil seleksi administrasi akan diumumkan 8 Juli 2017. "Pengumuman dapat dilihat diwebsite bawaslu.sumbar.go.id. Selanjutnya, masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dan masukan dari masyarakat," terangnya.

"Tanggapan dan masukan masyarakat itu, disampaikan pada tim seleksi lima hari kalender sejak pengumuman bakal calon dilakukan melalui fax, surat, email, SMS dan lainnya. Formulir tanggapan dan masukan akan diisi oleh tim seleksi," tambahnya.

Di kesempatan itu, Samaratul Fuad mempersilahkan berbagai elemen masyarakat, juga ikut mengawasi tim seleksi tak sekadar proses rekruitmen. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024