Warga Kadukan Jalan dan Irigasi Rusak ke Irfendi

Senin, 29 Mei 2017, 22:40 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Warga Kadukan Jalan dan Irigasi Rusak ke Irfendi
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi Ramza Husmen (Kakan Kemenag) menyerahkan bantuan bagi masjid dan fakir miskin di Masjid Raya Piobang Kecamatan Payakumbuh, Minggu (28/5/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kondisi jalan ke Kenagarian Piobang, Kecamatan Payakumbuh semakin parah. Bahkan hampir separuh badan jalan ruas Kotobaru Simalanggang-Piobang ini berlobang dan senantiasa tergenang serta berlumpur.

Selain itu, warga juga mengadukan saluran irigasi yang ada di sisi jalan utama ke nagari ini juga sudah banyak runtuh serta menyampaikan sebagian penduduk Piobang yang belum mendapatkan BPJS kesehatan.

Aspirasi tersebut disampaikan warga ke Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat memimpin Tim Safari Ramadhan di Masjid Raya Piobang, Minggu (29/5/2017).

"Kami sangat berharap agar jalan ke nagari kami ini mendapatkan perbaikan. Sebab, kini kondisinya benar-benar parah," ungkap Afrizal (55) salah seorang warga setempat.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Begitu juga dengan saluran irigasi, jika tidak segera ditangani bukan menutup kemungkinan akan mengancam badan jalan. Setiap kali datang hujan lebat, terangnya, saluran irigasi itu terus tergerus air.

"Selain menambal permukaan jalan yang berlubang, kami juga bermohon pengalokasian kegiatan pengamanan saluran irigasi, terutama untuk saluran yang berada di pinggir jalan raya yang kini terus runtuh hingga mendekati sisi jalan," papar Afrizal.

Warga lainnya, Darmisata (60) mengatakan, masih ada warga miskin di Piobang yang tidak kebagian jaminan kesehatan dari BPJS. Ia berharap ini menjadi perhatian serius pihak terkait Pemkab Limapuluh Kota.

Menanggapi beragam aspirasi itu, Irfendi menyarankan nagari memasukan usulan perbaikan jalan dan irigasi itu ke dalam Musrenbang untuk berikutnya diferivikasi di tingkat kecamatan dan kabupaten. Sementara terkait dengan warga miskin yang belum mendapatkan BPJS kesehatan, Irfendi meminta pemerintah nagari segera membentuk tim yang terdiri dari wali nagari, sekretaris nagari, kepala jorong dan Bidan Desa serta Bamus nagari.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Untuk perbaikan jalan dan irigasi itu, silahkan lakukan musyawarah dan usulkan ke dalam Musrenbang. Sedangkan menyikapi warga miskin yang belum masuk BPSJ, silahkan bentuk tim dan ajukan nama-nama warga miskin yang patut dan layak masuk BPJS itu ke dinas terkait," papar Irfendi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: