Konsumsi BBM dan Avtur di Sumbar Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

Minggu, 28 Mei 2017, 07:09 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Konsumsi BBM dan Avtur di Sumbar Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran
Menghadapi kepadatan arus lalu lintas di masa mudik lebaran 1438 H/2017 M, Pertamina menyiapkan posko di jalur mudik yang ada di Sumbar. Posko ini berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi warga yang tengah pulang kampung. Salah satu posko itu berlokasi
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Konsumsi BBM diprediksi meningkat selama Ramadhan 1438 H/2017 M di wilayah Sumatera Barat. Pertamina mengantisipasi lonjakan itu, dengan menambah pasokan dan melakukan pendistribusian sesuai kebutuhan.

"Lonjakan permintaan ini terjadi karena perubahan pola konsumsi. Ada peningkatan kebutuhan yang terus berlangsung beberapa hari setelah Idul Fitri," ungkap Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut, Fitri Erika dalam siaran pers yang diterima.

Situasi ini, terang Fitri, sudah diperkirakan dan diantisipasi sejak dini. Sebanyak 114 SPBU yang tersebar di Sumatera Barat, akan terus disuplai sesuai kebutuhannya.

Besaran penyaluran Premium diperkirakan naik sebesar 5 % dibanding rata-rata menyaluran normal harian, dari 1.204 kiloliter menjadi 1.262 kiloliter. Kenaikan permintaan juga diprediksi terjadi produk nonsubsidi Pertalite. Produk yang disukai masyarakat ini diperkirakan peningkatannya akan mencapai 17 %, yakni dari 732 kiloliter per hari menjadi 855 kiloliter.

Baca juga: Semua Konsumen Wajib Pakai QR Code Beli BBM per 1 Oktober 2024, Ini Cara Daftar dan Dokumen yang Disiapkan

Kenaikan juga diprediksi pada produk Pertamax. Besaran peningkatan konsumsi bisa mencapai 22%, yakni dari normalnya 128 kiloliter per hari jadi 155 kiloliter.

"Sedangkan permintaan Solar diprediksi turun sebesar 4% dari 1.057 kiloliter menjadi 1.010 kilolitern" ungkapnya.

Lonjakan permintaan juga terjadi untuk produk bahan bakar pesawat udara yaitu Avtur. Kenaikan permintaan selama Ramadan sebesar 19% di Bandar Udara Minangkabau, dari 118 kiloliter perhari menjadi 140 kiloliter per hari.

"Serangkaian antisipasi diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri dengan tenang dan nyaman," terangnya.

Baca juga: Apel Perdana Pascalebaran, Hansastri: Terapkan Disiplin dan Siap Bekerja Dimana Saja

"Jika ada keluhan dan informasi terhadap layanan dan produk Pertamina dapat menghubungi Contact Pertamina 1-500-000," tambah Fitri Erika. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: