Nofi Chandra Siap Fasilitasi Gubernur untuk Program Tanam Jagung

Rabu, 24 Mei 2017, 16:54 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Nofi Chandra Siap Fasilitasi Gubernur untuk Program Tanam Jagung
Anggota DPD RI asal Sumbar, Nofi Chandra. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Asal ada niat pasti ada jalan. Hal itu diucapkan Senator DPD RI asal Sumbar, Nofi Chandra saat tahu ada workshop Jagungkan Lahan Tidur digelar Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) di Padang, Rabu (24/5/2017).

Menurut Nofi, program tanam jagung telah menjadi program nasional di kementerian pertanian, tahun ini 2 juta hektar lahan tidur direncanakan ditanami jagung.

"Asal Pemprov Sumbar mau, saat siap fasilitasi supaya Sumbar dapat perhatian khusus dari Menteri Pertanian, rencana saya bertemu dengan Menteri, 29 Mei 2017 besok," ujar Nofi via pesan whatshap yang diterima media ini.

Nofi mengapresiasi kegiatan Gempita di Padang. "Saya tidak melihat siapa yang menginisiasi, asal untuk petani Sumbar seperti acara Gempita hari ini saya dukung. Mudah-mudahan Gempita bisa merealisasikannya," ujar Nofi.

Baca juga: PRODUKTIVITAS LAHAN, Rusma Yul Anwar: Penyuluh Harus Intens Dampingi Petani

Nofi memahami, setiap realisasi program selalu ada masalah di Sumbar, seperti masalah status lahan. "Termasuk ketidakmauan petani Sumbar berkelompok," ujarnya.

Tapi untuk kue program ini, Nofi anak kota Solok ini siap pertemukan gubernur dengan Menteri Pertanian.

"Insya Allah saya siap pertemukan Gubernur Sumbar dengan menteri pertanian, untuk kue program 2 juta hektar lahan tidur ditanami jagung itu," ujarnya.

Kordinator Wilayah Gempita Sumbar, Nurkhalis mengatkan, soal lahan tidur ditanami jagung pihaknya menilai sangat direspon pemuda dan ninik mamak di Sumbar.

Baca juga: Gubernur Minta Masterplan Jagung Dituntaskan: Nilai Tukar Petani 2021 Tertinggi Selama Lima Tahun Terakhir

"Sosialisasi dan komunikasi kunci sebenarnya untuk menggarap lahan tidur milik masyarakat, tanpa itu pasti warga pilih biar saja lahannya tidur," ujar Nurkhalis.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: