Humas Rumuskan Sistem Colek Lima Puluh Koto Oke

Senin, 08 Mei 2017, 21:47 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Humas Rumuskan Sistem Colek Lima Puluh Koto Oke
Kabag Humas dan Pemberitaan Setkab Limapuluh Kota, Joni Amir salam kompak dengan seluruh staf Humas terkait pelaksanaan PPID dan persiapan launching sistem "Colek Lima Puluh Koto Oke" di kantor bupati, Senin (8/5/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memperluas akses penyebaran informasi publik terkait seluruh kegiatan pemerintah daerah, Bagian Humas dan Pemberitaan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Limapuluh Kota, segera meluncurkan sebuah sistem baru untuk pengelolan informasi publik.

Kabag Humas dan Pemberitaan, H Joni Amir menyebutkan, sistem pengelolaan informasi itu, diberi nama 'Colek Lima Puluh Koto Oke'.

"Sistem ini bertujuan, untuk lebih mengoptimalisasikan pelayanan informasi ke masyarakat," kata Joni Amir, dalam rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di kantor bupati, Senin (8/5/2017).

Menurut rencana, lanjut Joni, selain penyelenggaraan kegiatan PPID yang akan dilaksanakan pada 18 Mei 2017, Bagian Humas dan Pemberitaan yang jadi leading sector pengelolaan informasi daerah melalui koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sepakat membuat inovasi sistem 'Colek Lima Puluh Koto Oke'.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Colek Lima Puluh Koto Oke, terangnya, merupakan sebuah sistem pengelolaan informasi terhadap data, dokumentasi serta kegiatan pemerintah daerah. Tidak hanya seputar kegiatan unsur pimpinan dan sekretariat daerah, tapi juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan birokrasi Limapuluh Kota.

Secara tekhnis, Joni Amir menerangkan, sistem ini nantinya akan menjadi sarana pengelolaan informasi di media sosial. Seperti pada jejaring Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp hingga Blackberry Masenger (BBM). Untuk Facebook, ia menyebut, sudah menyiapkan sebuah akun fanspage bernama 'Colek Lima Puluh Koto Oke'.

Akun resmi pemerintah tersebut, nantinya akan dikelola anggota PPID, yang secara berkala bekerja melakukan share tautan atau link berita kegiatan pemerintah daerah di akun media sosial. "Peluncurannya akan kita laksanakan bertepatan acara sosialisasi PPID di aula Dinas Kesehatan di Eks Komplek Kantor Bupati lama," teranganya.

Adapun yang menjadi tujuan utama dari sistem Colek Lima Puluh Koto Oke, terang Joni, agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap pelaksanaan program pembangunan. Karena, respon masyarakat akan berpengaruh kepada pertimbangan, dalam pembuatan aturan atau penetapan arah kebijakan di pemerintah daerah.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Ditambahkan Kasubag Humas, Marjohan, dalam rapat yang dihadiri seluruh staf Humas siang itu, sistem Colek Lima Puluh Koto Oke, PPID akan menyasar seluruh jejaring media sosial. Karena dewasa ini, seiring perkembangan teknologi, lingkup penyebaran informasi akan lebih optimal melalui sistim online.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024