Diskusi Media IKA Unand: Majukan Pariwisata Sumbar, Rahayu: Perbanyak Kelompok Sadar Wisata

Senin, 13 Maret 2017, 19:07 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Diskusi Media IKA Unand: Majukan Pariwisata Sumbar, Rahayu: Perbanyak Kelompok Sadar...
Anggota Komisi I DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti saat jadi pembicara pada sesi dialog media yang digelar DPP IKA Unand, Minggu (12/3/2017) di Padang. (humas ika unand)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anggota Komisi II DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti menilai, SDM kepariwisataan di Sumatera Barat, masih minim kreasi dan improvisasi. Jika dikaitkan dengan kontribusi sumbangan untuk pendapatan asli daerah (PAD), masih jauh jika dibandingkan dari nilai potensi pariwisata yang ada.

"Kalau menginginkan pariwisata Sumbar ini maju, harus dikelola dalam sebuah manajemen bisnis modern. Tidak bisa dengan hanya mengandalkan keindahan alam semata. Memangnya, alam daerah lain tidak indah," tegas Rahayu Purwanti, dalam seri dialog media yang digelar DPP IKA Unand, Minggu (12/3/2017) di Padang.

Selain itu, terangnya, menyusun agenda atau iven yang akan jadi kalender wisata, OPD kepariwisataan masih belum mampu menyusunnya secasra sempurna. "Bagaimana mau jual kekayaaan pariwisata Sumbar ini," ujar Yayuk, demikian politisi PKS ini karib disapa. (Baca: Pembangunan Wisata Sumbar Belum Berorientasi Permintaan Pasar)

Walaupun perangkat pemerintahan belum optimal, Yayuk mengharapkan, kelompok masyarakat sadar wisata harus diperbanyak. Sehingga, bisa melahirkan kelompok masyarakat yang menyadari efek ekonomi dari kepariwisataan ini.

Baca juga: Mahyeldi: Ekraf Terbukti Tingkatkan Perekonomian Daerah

Selain itu, kata Yayuk, kajian akademisi Unand terkait pariwisata, harus jadi patokan dalam memajukan dunia kepariwisataan. "Analisa akademisi Unand ini, sudah diakui. Harusnya, pemerintah menjadikan pandangan akademisi sebagai rujukan dalam merancang program," ujar sedikit politisi perempuan Sumbar yang berhasil duduk di lembaga legislatif ini. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: