Mahyeldi Jajaki Kerjasama Pembukaan Cabang Mahad Tahfiz Sulaimaniyah di Padang

Kamis, 09 Maret 2017, 08:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Mahyeldi Jajaki Kerjasama Pembukaan Cabang Mahad Tahfiz Sulaimaniyah di Padang
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo dan rombongan, foto bersama dengan Direktur Yayasan Sulaimaniyah Turki, Fahad Abbas di Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2017). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo menjajaki kerjasama di bidang keagamaan dengan berkunjung ke Yayasan Sulaimaniyah Turki, di Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2017). Dalam kunjungan itu, Mahyeldi bertemu langsung dengan Direktur lembaga tersebut, Fahad Abbas.

Keduanya membicarakan rencana kerjasama pembukaan cabang mahad tahfiz Sulaimaniyah di Padang. Dipilihnya lembaga Sulaimaniyah ini, karena memiliki banyak kelebihan. Di antaranya beasiswa penuh bagi siswa selama setahun. Termasuk mampu menjadikan siswa hafal al Quran 30 juz serta gratis sekolah di Turki selama tiga tahun.

"Kita tertarik dengan kerjasama ini dan segera memfasilitasi. Hal ini sejalan dengan konsep Padang Religius," ucap Mahyeldi didampingi Epi Santoso (Ketua Baznas Padang), Jamilus (Kabag Kesra) serta Mulyadi Muslim (Ketua Pengurus Masjid Agung Nurul Iman).

Direktur Yayasan Sulaimaniyah, Fahad Abbas menyebut, untuk kerjasama ini diperlukan ketersediaan tempat serta mobiler asrama bagi 100 orang siswa. Gayung pun bersambut. Mahyeldi menyebut, Baznas Kota Padang akan dapat bersinergi dengan Yayasan Sulaimaniyah.

Baca juga: Gubernur Hadiri Batagak Panghulu Datuak Rajo Endah Nan Randah Naik Sarumpun

"Karena Baznas sudah punya tanah waqaf atau masyarakat yang punya kepedulian dengan pembangunan manusia dan generasi Kota Padang," ungkap Mahyeldi.

Seperti diketahui, Sulaimaniyah merupakan lembaga resmi Turki yang bekerjasama dengan Kementerian Agama RI. Sulaimaniyah memiliki cukup banyak cabang di negara-negara Islam, termasuk di Indonesia sendiri.

"Tahun lalu kita memberangkatkan 150 orang setingkat SMA/MA dari kabupaten/kota se-Indonesia untuk sekolah di Turki," ujar Fahad Abbas.

Di penghujung pertemuan ini, Fahad mengaku senang dengan kunjungan yang dilakukan Walikota Padang. Usai pertemuan seluruh rombongan berfoto bersama. (rls/vri)

Baca juga: Dies Natalis ke-68, Unand Tempati Peringkat 6 Nasional, Ini Harapan Gubernur Sumbar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: