Sediakan Anggaran Merchandise untuk Perkuat UMKM, Sari: Pemerintah harus Perkuat Kearifan Lokal

Senin, 06 Maret 2017, 12:07 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Sediakan Anggaran Merchandise untuk Perkuat UMKM, Sari: Pemerintah harus Perkuat Kearifan...
Direktur Pusat Studi Pariwisata Unand Padang, Sari Lenggogeni, Yunisman (Kadis UMKM) dan Head of Network and Sevices BNI, Dadang Surachman, menyaksikan produk olahan dari sampah yang dipamerkan pada workshop Re-Act Green (Reuse, Reduce dan Recycle)yang d
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Apalagi, Kota Padang yang merupakan pintu gerbang pariwisata, setiap orang berkunjung pasti ingin beli oleh-oleh khas daerah, dan ini peluang pasar yang potensial," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas UMKM Kota Padang, Yunisman mengatakan, kreatifitas masyarakat perlu didukung pemerintah. "Peran pemerintah yakni dalam bentuk kemasan dan pemasaran. Insya Allah, Pemerintah Kota Padang sangat ramah terhadap produk UMKM," ujarnya.

Direktur Pusat Studi Pariwisata Unand Padang, Sari Lenggogeni mengatakan, produk ekonomi kreatif tumbuh berkembang tapi perlu ada kebijakan pemerintah.

Baca juga: Rekrutmen BUMN November 2023! Lowongan Kerja Bank BNI Officer Development Program (ODP)

"Bentuk policy pemerintah itu yakni penguatan identitas kearifan lokal, lalu memberdayakan pelaku UMKM terkait quality product, menyiapkan saluran distribusi dan produk berkesinambungan. Ini sangat perlu tangan-tangan pemerintah," ujar Sari.

Bahkan, Sari mengajak setiap kegiatan pemerintah maupun BUMN, ada anggaran marchansdise-nya dan mestinya beli di pelaku UMKM.

"Selain menggairahkan UMKM juga memperkenalkan produk hasil tangan kreatif anak bangsa ini, tidak beli hasil pabrikan lagi," ujarnya.

Data Dinas UMKM, untuk Kota Padang saja tedapat 74 ribu UMKM yang terdata by name by adress.

"Dari sebanyak itu, juga tumbuh 10 ribu entrepreneur meski baru terdata 20 entrepreneur setiap kelurahan," ujarnya. (aik)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: