DPK Targetkan Padangpanjang jadi Kota Literasi

Rabu, 08 Februari 2017, 12:01 WIB | News | Kota Padang Panjang
DPK Targetkan Padangpanjang jadi Kota Literasi
Sesudut ruang baca di Pustaka Daerah Kota Padangpanjang yang nyaman. (humas)

VALORAnews - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Padangpanjang, terus berusaha tingkatkan minat baca masyarakat di segala usia. Usaha ini dilakukan dengan melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat, sosialisasi dan kegiatan serta forum bersama komunitas penggiat literasi serta agenda lainnya.

"DPK juga berusaha dengan peningkatan fasilitas di perpustakaan daerah Padangpanjang yang berlokasi di Kelurahan Tanah Pak Lambik, untuk mempermudah dan mengutamakan kenyamanan masyarakat saat berkunjung ke perpustakaan ini," ungkap Plt Kepala DPK, Alvi Sena, Selasa (7/2/2017).

Dikatakan Alvi, pendaftaran keanggotaan gratis dan mudah, taman baca, warung informasi dan teknologi (warintek) dengan fasilitas internet gratis, biskop mini untuk pendidikan, ruang anak pintar untuk anak usia dini dan lainnya. "Juga direncanakan akan menambah fasilitas untuk disabilitas atau keterbatasan fisik," terangnya.

Saat ini, terang dia, DPK tengah mengajukan proposal ke Perpusnas untuk penggunaan Aplikasi Perpustakaan yang baru, sehingga Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang masuk dalam sistem aplikasi yang terintegrasi di seluruh Indonesia. Sehingga mudah akses masyarakat.

Baca juga: OJK: DPK Perbankan di Sumbar Tumbuh 4,81 Persen


"Semua fasilitas ini dibangun dan terus ditingkatkan untuk meningkatkan daya tarik agar masyarakat mengunjungi Perpustakaan, sehingga turut meningkatkan minat baca masyarakat," terang Alvi Sena.

"Kita menargetkan Padangpanjang sebagai kota literasi. DPK Padangpanjang terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, agar meningkatnya minat baca masyarakat," tambah Alvi. (rls/bri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: