Sekolah Lapangan Pertanian Ajarkan Warga Bertanam di Polybag

Minggu, 07 Juni 2015, 19:01 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Sekolah Lapangan Pertanian Ajarkan Warga Bertanam di Polybag
Sekdako H. Benni Warlis membuka kegiatan sekolah lapangan (SL) pertanian di kantor Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Jumat (5/6/2015). SL pertanian ini diikuti puluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Jaya Mandiri. (Humas Pemko P

VALORAnews - Puluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Jaya Mandiri, Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, mengikuti kegiatan sekolah lapangan (SL) pertanian di kantor kelurahan setempat selama dua hari, yang berakhir Sabtu (6/6/2015).

Kegiatan SL yang digelar Kantor Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh tersebut, dibuka Sekdako H. Benni Warlis, dihadiri sejumlah staf kecamatan dan kelurahan setempat. Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Ir Antoni Jaya melaporkan, kegiatan SL untuk membekali anggota KWT dalam membudidayakan tanaman holtikultura dalam polybag dan lahan pekarangan.

Selama kegiatan SL, anggota KWT langsung mempraktekkan cara mengolah tanah, pembibitan dan memelihara tanaman, seperti sayur-sayuran, cabai, kacang panjang dan terong serta pare. Kasi Pemerintahan Kelurahan Padang Karambia, Yoserizal, juga ikut bercocok tananam dalam polybag.

Sekdako Benni Warlis, setelah membuka kegiatan SL, langsung memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan tanah pekarangan untuk peningkatan dan pengembangan pangan. Sekdako menyampaikan, pertanian yang Islami itu adalah pertanian organik. "Kenapa pertanian organik ini dibilang Islami, karena semua tanpa bahan kimia," ungkapnya.

Baca juga: 40 PPL se-Sumbar Ikuti Pelatihan Pertanian Udara Bersih, Ini Targetnya

Dikatakan, kunci dari panen adalah menanam. Jadi jangan sampai bosan menanam biji tanaman. "Walau seandainya, suatu saat nanti kita akan mati, maka selagi umur masih dikandung badan, sempatkan jugalah untuk menanam biji tanaman," simpulnya. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: