Terlihat di Kota Solok, Padangpanjang, Sawahlunto dan Singkarak: Awan 'UFO' Hiasi Langit Sumbar

Selasa, 13 Desember 2016, 01:54 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Terlihat di Kota Solok, Padangpanjang, Sawahlunto dan Singkarak: Awan 'UFO' Hiasi Langit...
Langit Kota Padangpanjang, Selasa (13/12/2016) pagi, dihiasi Awan UFO. Awan dengan nama latin altocumulus lenticularis ini juga terlihat di Kota Sawahlunto, Kota Solok dan sekitar Danau Singkarak. (budi iman/bmkg)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Awan 'UFO' (unidentified flying object) terlihat di sejumlah tempat di Sumbar, Selasa (13/12/2016) pagi ini. Secara ilmiah, awan UFO ini disebut altocumulus lenticularis yang lebih dikenal sebagai awan lentikularis.

"Kita mencatat, sejumlah daerah di Sumbar melihat penampakan Awan Lentikularis ini. Saya sendiri melihat di daerah Kota Sawahlunto, namun tidak sempat memotretnya karena dalam perjalanan juga," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Obsevasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Budi Iman, beberapa saat lalu.

Dikatakan Budi Iman, Awan UFO juga terlihat di Kota Padangpanjang tepatnya di arah kaki Gunung Marapi dan sekitar daerah Danau Singkarak. Budi Iman yang tengah dalam perjalan darat dari Kota Sawahlunto menuju Padang menyebut, baru saja melihat di daerah perbukitan di Kota Solok.

"Awan ini terjadi saat adanya dua angin yang berlawanan arah dan saling bertubrukan, sehingga membuat awan memelintir," ungkap Budi Iman seputar penyebab terbentuknya awan UFO ini.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

"Awan UFO ini juga bisa terjadi akibat adanya angin yang cukup kenacang di dekat puncak gunung. Angin tersebut membentur gunung atau perbukitan, sehingga melintir dan memengaruhi bentuk awan yang ada di atasnya," tambah Budi Iman.

Ditegaskan Budi Iman, biasanya awan-awan ini menandakan adanya tubulensi di sekitar daerah tersebut. "Awan UFO ini berbahaya bagi helikopter yang melintas di sekitarnya. Karena, awan UFO ini menandakan turbulensi," terangnya.

Dikatakan Budi Iman, di Kota Solok banyak terlihat Awan UFO ini. Dari simpang Mitsubishi terlihat satu buah, begitu juga saat akan memasuki kota. Jika melihat ke arah Danau Singkarak, terlihat juga dua buah namun dengan ukuran kecil namun terlihat jelas. "Di Kota Solok banyak terlihat, namun yang terbesar terlihat di simpang Mitsubishi," ungkapnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: