Terpilih jadi Ketua Ika Unand, Asman Abnur: Ini Takdir Allah agar Saya Lebih Perhatikan Ranah Minang

Sabtu, 03 Desember 2016, 18:59 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Terpilih jadi Ketua Ika Unand, Asman Abnur: Ini Takdir Allah agar Saya Lebih Perhatikan...
Ketua Umum IKA Unand, asman Abnur dan istri, foto bersama dengan Brigjen Basyarudin (Kapolda Sumbar) dan pengurus alumni tingkat faklutas dan daerah, saat malam silaturahmi, Sabtu (3/12/2016) malam di sebuah hotel di Padang. (Istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA Unand), Asman Abnur mengatakan, Pemprov Sumbar di era globalisasi dan persaingan bebas dewasa ini, sebaiknya fokus pada tiga bidang. Yakni, pendidikan, kuliner dan wisata.

"Ketiganya, harus dikelola secara modern. Sehingga, Sumbar bisa memasuki kancah persaingan global, tak lagi nasional apalagi lokal," tegas Asman Abnur, Sabtu (3/11/2016) saat ramah tamah dengan pengurus organisasi alumni tingkat daerah dan fakultas di Unand.

Menurut Asman Abnur yang Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) itu, Unand sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia, sudah seharusnya berupaya berada pada peringkat terbaik dunia.

"Jika sudah kelas dunia, maka mahasiswa dari berbagai negara akan belajar di sini. Makin beragam mahasiswa, maka kebutuhannya juga meningkat," terangnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

"Di luar negeri, mahasiswa itu sudah tinggal di student residence. Semacam hunian vertikal layaknya apartemen. Jadi, pola rumah indekost seperti sekarang ini, bakal tak laku lagi," ungkap Asman Abnur.

Terkait kuliner, pemerintah seharusnya mulai fokus pada sistem packaging (kemasan). Sehingga, sajiannya bisa lebih menarik. "Jika bertahan dengan model sekarang ini, tentu lambat laun tak dilirik pelanngan lagi," terang Asman Abnur.

Sedangkan wisata, potensi sangat banyak bahkan melimpah. Namun, masih belum tergarap maksimal. Seperti, potensi wisata Mentawai yang disukai para surfer dari luar negeri.

"Sayangnya, akses ke Mentawai masih sulit. Harusnya, dari dan ke Mentawai ini memiliki akses penerbangan langsung," terang Asman.

Baca juga: Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Unand beserta alumninya yang telah mencapai angka 120 ribu orang lebih, seharusnya ikut berkontribusi pada tiga hal tersebut. "Insya Allah, dengan kontribusi Unand bersama seluruh alumninya, rakyat kita akan makin sejahtera," terang dia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: