Disdikpora Agam Gelar Festival Ramadhan Tingkat SMP, SMA dan Ponpes

Selasa, 02 Juni 2015, 22:10 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Disdikpora Agam Gelar Festival Ramadhan Tingkat SMP, SMA dan Ponpes
Ketua Baznas Agam, Sumatera Barat, Isman Imran menyalurkan zakat sebesar untuk 549 mustahik yang tersebar di 16 kecamatan di daerah itu, di Masjid Nurul Fallah Lubukbasung, Jumat (29/5/2015). (Humas Pemkab Agam)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), menggelar festival Ramadhan 1436 H - 2015 M tingkat SMP, SMA dan Ponpes se Kabupaten Agam. Festival itu dilaksanakan selama dua hari untuk dua cabang perlombaan, mulai Senin hingga Selasa (6-7/7/2015).

Cabang yang diperlombakan itu yakni Musabaqah Hafizh al Qur'an (MHQ) untuk tingkat SMP, SMA dan Ponpes yang dilaksanakan hari pertama di masjid Nurul Falah Lubukbasung. Sementara, untuk hari ke dua tingkat SMA, dilombakan Musabaqah Khutbah Jumat (MKJ) di masjid yang sama.

"Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi daerah yakni Agam mandiri dan berprestasi yang madani serta visi RPJMD 2010 - 2015 yaitu terwujudnya Kabupaten Agam yang agamais, lestari, adil, mandiri dan indah," ungkap Kepala Disdikpora Agam, Fauzir, Senin (1/6/2015) sebagaimana dirilis Pemkab Agam, beberapa saat lalu

Untuk peserta baik dari SMP, SMA dan Ponpes, mengirim satu orang putra dan satu putri sebagai musabaqah. Untuk MHQ pengelompokan peserta kejuaran dan materinya yaitu Juz 30 surat 78 hingga 92 untuk MTs, Juz 30 surat 93 hingga 114 untuk SMP.

Baca juga: Disdikpora Agam Gelar Lomba Festival Ramadhan

Kemudian, Juz 30 surat 85 hingga surat 114 untuk SMA dan SMK, dan kelompok MA dan Ponpes yaitu Juz 1 hingga juz 2. Waktu yang disediakan setiap peserta mulai dari 7 hingga 10 menit.

"Untuk MKJ peserta dua orang, satu orang sebagai muazin dan satu orang sebagai khatib. Peserta azan bebas membawakan irama adzan dan khatib membawakan salah satu judul di antaranya gemar mengaji membentengi generasi muda dari pekat dan radikalisme," terangnya.

Materi selanjutnya, Agam menyemai dan tanggung jawab melestarikan alam, implementasi pendidikan karakter dalam keluarga, urgensi zakat pembersih harta dan hak kaum dhuafa. Khutbah ini dengan waktu 20 menit. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: