Pemko Padang Hadirkan Tengku Wisnu dan Khairat KDI: 150 Ribu Siswa Dihadirkan ke RTH Imam Bonjol Meriahkan Gebyar Pesantren Ramadhan

Senin, 01 Juni 2015, 23:00 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang Hadirkan Tengku Wisnu dan Khairat KDI: 150 Ribu Siswa Dihadirkan ke RTH Imam...
Suasana peluncuran Pesantren Ramadhan di Kota Padang pada 2014 lalu dengan menghadirkan sejumlah pemuka agama Katholik, Budha, Protestan dan Islam. (Humas Pemko Padang)

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang kembali menyelenggarakan Pesantren Ramadhan di bulan suci umat Islam pada 1436 H ini. Program keagamaan yang mendapat respon positif masyarakat ini, bakal digebyar secara akbar di RTH Imam Bonjol Padang, 12 Juni 2015 mendatang.

Pembukaan secara simbolis, ditandai dengan pemukulan bedug oleh gubernur Sumatera Barat bersama walikota Padang dan Muspida. Disamping menghadirkan puluhan ribu siswa dari seluruh sekolah di Padang, secara istimewa akan menghadirkan artis nasional Teuku Wisnu dan penyanyi jebolan KDI 2015, Khairat.

"Sedikitnya, 150 ribu orang akan hadir dalam Gebyar Pembukaan Pesantren Ramadhan 1436 H ini. Mereka berasal dari siswa-siswi seluruh sekolah semua tingkatan, para mentor, majelis taklim dan pengurus masjid, serta pemuka masyarakat," ungkap Kabag Kesra Pemko Padang, Al Amin, melalui rilis pemko Padang, beberapa saat lalu.

Pesantren Ramadhan 2015 ini, akan dilaksanakan pada 1.150 masjid dan mushalla dengan mentor sebanyak 1.500 orang. "Pelatihan terhadap para mentor ini sudah berjalan. Insya Allah hingga 10 Juni nanti, semua mentor sudah selesai dilatih pada semua kecamatan," ujarnya.

Baca juga: Launching Pesantren Ramadhan, Teuku Wisnu: Ini Bekal bagi Calon Pemimpin

Al Amin menambahkan, kemungkinan akan ada masjid tambahan di daerah luar Kota Padang, lantaran masyarakat yang berada di perbatasan Kota Padang dengan Kabupaten Padangpariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan, juga banyak siswanya yang sekolah di Kota Padang.

"Bila di masjid setempat dilaksanakan Pesantren Ramadhan guna mengakomodir siswa-siswi tersebut maka Pemko Padang akan memberikan anggaran," jelas Al Amin.

Dijelaskan, Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan selama 15 hari, mulai 21 Juni atau hari kelima puasa dan berakhir sepuluh hari sebelum Idul Fitri. "Rentang waktu ini dimaksudkan agar para santri bisa memiliki waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi lebaran dan sebagainya," imbuh Al Amin.

Di samping di masjid, beberapa sekolah juga memilih melaksanakan Pesantren Ramadhan di sekolah, di antaranya SMAN 1, SMAN 10, MAN 3 dan SMAN 2. "Hal ini lantaran di sekolah mereka mempunyai masjid yang memadai dan memiliki mentor sendiri," pungkasnya. (kyo)

Baca juga: Wako Padang Launching Pesantren Ramadhan 1436 H

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: