Wawako Tutup Lt 2 Pramuka Kwarran Bungtekab

Senin, 07 November 2016, 14:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Wawako Tutup Lt 2 Pramuka Kwarran Bungtekab
Wakil Walikota Padang, H Emzalmi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Walikota Padang, H Emzalmi menutup Lomba Tingkat 2 (Lt-2) yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Minggu (6/11/2016). Emzalmi yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kota Padang itu, memberikan apresiasi lomba yang diikuti peserta dari masing-masing Gugus Depan tersebut.

"Lt 2 ini merupakan bahagian dari upaya kita untuk meningkatkan keterampilan bagi anak-anak melalui bidang kepramukaan. Proses seperti ini tentu diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, kualitas iman dan takwa serta pemahaman bagi anak-anak terhadap penjabaran bagi seorang pramuka," ujar Emzalmi sewaktu menutup Lomba yang dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus (PPSB) itu.

Oleh karena itu, kata Emzalmi, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana, pemerintah kecamatan dan kelurahan serta stake holder setempat, yang mendukung penyelenggarakan lomba tersebut dapat berjalan dengan baik.

Dikatakan Emzalmi, kegiatan kepramukaan tersebut, dapat menjadikan anak-anak didik yang berkarakter melalui melalui proses pendidikan di luar sekolah atau ekstrakurikuler. Sebagaimana terkait lombanya dimulai Lomba Tingkat (Lt) 1 di tingkat Gugus Depan (Gudep), Lt 2 di tingkat kecamatan, Lt 3 di tingkat cabang (kabupaten/kota), Lt 4 di provinsi dan Lt 5 di tingkat nasional.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Kita tentu berharap, kecamatan lain pun juga melaksanakan Lt 2 ini dengan sungguh-sungguh dan berkualitas. Sehingga maksud dan tujuan dari Lt 2 ini dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. Mudah-mudahan saja anak-anak didik kita bisa berbicara sampai ke Lt 5 atau lomba tingkat nasional nantinya," tukasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Lt2 tingkat Kwarran Bungtekab, Okva Heriendi menyebutkan kegiatan ini diikuti 288 siswa dari 18 SD. Setiap satu sekolah membawa peserta 16 orang yakni 8 laki-laki dan 8 perempuan. Tujuan lomba tersebut adalah menanamkan sikap atau karakter yang baik dan disiplin bagi anak-anak, berbudi pekerti, menghargai orang tua dan guru dan menjaga keimanan dan ketakwaan seperti melaksanakan shalat wajib lima waktu secara berjamaah.

"Semua peserta bertarung selama tiga hari dimulai Jumat hingga Minggu (4-6/11/2016). Kita berharap pemenang Lt 2 di tingkat Kwarran Bungtekab ini dapat berbicara di tingkat kota, provinsi bahkan nasional nantinya," tukasnya.

Dalam Lt 2 tahun ini, ada 12 cabang yang dilombakan. Di antaranya lomba yel-yel pramuka, adm regu, packing perlengkapan, rifak, pita peta perjalanan, P3K, semboyan dan isyarat, pionering, kemampuan indra manusia, tapak perkemahan dan sebagainya.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

"Lomba kali ini kita mengangkat motto, melalui Lt 2 ini kita budayakan semangat dasadarma dan pembentukan karakter peserta didik," terang Kepala SDN 03 Batung Bungtekab tersebut. (rls/vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: