Hujan Kacaukan Jadwal Pesta Tabuik dan Keberangkatan Pesawat

Minggu, 16 Oktober 2016, 14:14 WIB | News | Kota Pariaman
Hujan Kacaukan Jadwal Pesta Tabuik dan Keberangkatan Pesawat
Inilah peta hujan yang dilansir BMKG Tabing, Minggu (16/10/2016) siang ini. Warna hijau menandakan hujan ringan, warna merah menandakan hujan sedang sedangkan hujan lebat ditandai dengan warna krem (merah muda). (bmkg tabing)

VALORAnews -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tabing, Padang memprediksi, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, akan terus melanda pesisir barat Sumatera Barat terutama di Kota Padang dan Pariaman serta daerah sekitarnya, Minggu (16/10/2016). Dipekirakan, hujan ini akan terus berlangsung hingga malam hari.

"Pada sore hingga malam hari, umumnya hujan ringan sampai sedang yang kadang diselingi hujan lebat. Angin kencang bertiup dari arah barat terutama dari arah pantai dengan kecepatan sampai dengan 35 km per jam," ungkap Kepala BMKG Tabing, Yayat Suriyat, beberapa saat lalu.

Kondisi relatif sama, terang Yayat, juga terjadi di Kota Pariaman dan sekitarnya. Hujan dengan intensitas ringan hinga sedang diselingi hujan lebat, masih berpotensi terus terjadi dari sore hingga malam nanti.

"Untuk Kota Pariaman, kecepatan angin hingga mencapai 25 km per jam," ungkap Yayat.

Baca juga: Hari Terakhir Libur Lebaran, 3405 Penumpang Berangkat dari BIM Menuju 9 Bandara Tujuan

Hujan lebat ini, menurut informasi yang diperoleh, menyebabkan tertundanya (delay) jadwal penerbangan sejumlah maskapai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Tak hanya itu, prosesi hoyak tabuik di Kota Pariaman yang puncaknya pada Minggu ini, juga tertunda akibat hujan yang terus turun mengguyur bumi.

"Jelang pelaksanaan Hoyak Tabuik 2016 dibuang kelaut, saat ini berhubung cuaca masih hujan, maka proses 'Tabuik Naiak Pangkek' ditunda waktunya sampai curah hujan mereda. Saat ini Tabuik 2016 sudah berada di Simpang Tabuik Kota Pariaman," informasi yang diupdate akun facebook Kominfo Kota Pariaman, sekitar pukul 10.30 WIB. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: