Pameran Pelayanan Publik Pertama di Indonesia Diadakan di Padang

Sabtu, 17 September 2016, 08:51 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pameran Pelayanan Publik Pertama di Indonesia Diadakan di Padang
Asisten Ombudsman Sumbar, Yunesa Rahman menggelar jumpa pers di kantornya, Jumat (16/9/2016) sekaitan penyelenggaraan Pameran Pelayanan Publik atau Sumbar Publik Service Expo pada 21-24 September 2016 di Gedung Rangkayo Basa, Kota Padang.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah pertama di Indonesia yang mengadakan pameran pelayanan publik. Kegiatan ini selenggarakan oleh Ombudsman Perwakilan Sumbar yang bekerja sama dengan PT Tiga Warna.

Pameran pelayanan publik atau Sumbar Publik Service Expo ini digelar selama empat hari, mulai dari 21-24 September 2016 di Gedung Rangkayo Basa, Kota Padang. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Ombudsman RI Amzulian Rivai dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

"Ada 17 lembaga yang menjadi peserta pameran ini. Mereka akan memamerkan pelayanan publik yang ada di lembaga mereka pada pameran tersebut," kata Asisten Ombudsman Sumbar, Yunesa Rahman saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jumat (16/9/2016).

Adapun 17 peseta tersebut antara lain; Kantor Pelayanan Terpadu Sawahlunto, RSUP M Djamil Padang, Samsat Padang, DPP Iluni UBH, RSUD Pariaman, BKPM Sumbar, RS Achmad Mukhtar, Satlantas Polresta Padang, dan Kantor Imigrasi Padang.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Selanjutnya, Pemko Padang Pelindo II, Kanwil Kemenkum HAM Sumbar, Disperindagkop Pasbar, PDAM Kota Padang, KIP Sumbar, LPKSM (YLKI-PPC-LSII), dan Ombudsman Perwakilan Sumbar.

"Kemungkinan nanti juga ada tambahan dari lembaga lainnya untuk menjadi peserta. Kita juga imbau kepada lembaga penyedia pelayanan publik untuk mengikuti pameran ini," sebutnya.

Pada pameran ini, kata Yunesa, berbagai lembaga yang mengikuti pameran ini, akan menyediakan pelayanan publik. Bahkan, ada beberapa lembaga menyediakan pelayanan gratis. Begitu juga Ombudsman akan membuka pelayanan pengaduan masyarakat di lokasi pameran terkait maladministrasi.

"Kita ajak masyarakat untuk datang dalam pameran ini. Gratis. Masyarakat juga bisa menikmati pelayanan seperti SIM keliling, atau pelayan pajak kendaraan dan pelayanan dari lembaga lainnya," tutur Yunes.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

Selain pameran, katanya, pada kegiatan ini juga diadakan talk show yang bertema "Inovasi Pelayanan Publik". Ada juga festival musik dan lomba foto. "Ini sebagai ajang mengenalkan kepada masyarakat hak mereka sebagai penerima pelayanan publik," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: