Kelompok L-15 Keperawatan Unand Gelar Pengabdian Masyarakat

Jumat, 26 Agustus 2016, 09:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kelompok L-15 Keperawatan Unand Gelar Pengabdian Masyarakat
Suasana pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan Kelompok L 15, mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, Minggu (21/8/2016) di Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang. (istimewa)

VALORAnews - Kelompok L-13 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (F-Kep Unand), Minggu (21/8/2016), adakan pemeriksaan dan pengobatan gratis di wilayah RW I Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Agenda Pengabdian Masyarakat Profesi Ners ini, merupakan salah satu Praktik Profesi Ners Perawatan Komunitas F-Kep Unand.

Kelompok L-13 beranggotakan; Luthfia Fitri, Deby Susanti, Era Suchi Sarma, Sri Rahayu, Nila Juita Lisman, Friz Oktaliza, Rahima Khairina, Yudia Eriza, Dina Khairul Ihsan, Riska Dwi Putri, dan Kurniadi Waskita.

Mereka memilih menggandeng Dompet Dhuafa Singgalang dalam pelaksanaan praktik, mengingat Dompet Dhuafa Singgalang juga salah satu lembaga yang berfokus dalam pengelolaan dana Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf, dan Kurban, namun juga berkiprah dalam pelayanan masyarakat seperti fasilitas kesehatan dan obat-obatan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Baca juga: Relawan Orang Muda Ganjar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Padang

"Kami menggandeng Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) karena merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat yang kami ketahui mempunyai program kesehatan, yang juga berjuang untuk mengentas masalah umat. Karena kegiatan kami termasuk salah satu kegiatan yang dapat mendukung program DDS meskipun baru bersifat bantuan kesehatan karitas dan belum berbentuk pemberdayaan, namun kami optimis DDS akan mendukung kegiatan kami," tutur Sri Rahayu, mewakili Kelompok L-15 via Whatsapp pada Kamis (25/8/2016).

Berbekal niat baik dan optimistis mereka, kegiatan para mahasiswa ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama pemuka tokoh masyarakat; Lurah Kelurahan Pisang, Irwan Syofyan dan Ketua Pemuda Kelurahan Pisang, Hasnul Ichwan.

Tak hanya itu, 12 mahasiswa ini mendapat sponsor dari BSMI, yang menyediakan tenaga kesehatan (dokter) dalam kegiatan pemeriksaan gratis tersebut. Dinas Kesehatan Kota Padang, turut memberikan izin secara resmi dalam kegiatan ini berkoordinasi dengan Puskesmas Pauh dan Depo Farmasi memberikan obat gratis serta dukungan acara dari Rahayu servis elektronik.

"Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 pagi, yang diisi dengan senam yang dilaksanakan di lapangan SDN 04/08 Pisang. Namun karena hujan lebat, senamnya terpaksa dibubarkan. Dilanjutkan pada pukul 13.00 siangnya, kami melaksanakan pemeriksaan fisik & pengobatan gratis di lokasi yang sama. Kegiatan siang ini berupa pemeriksaan fisik dan laboratorium (gula darah & asam urat) dan konsultasi," kata Sri Rahayu.

Baca juga: Polres Pasaman Barat Gelar Pengobatan Gratis di 11 Kecamatan

Dikatakan, jumlah peserta yang tercatat melakukan pengobatan sejumlah 33 orang, sedangkan untuk kegitan konsultasi jumlahnya cukup banyak, sehingga mereka kesulitan mengumpulkan data. Untuk masyarakat yang melakukan pengobatan, terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia, dan ibu hamil. Dengan penyakit rata-rata pada anak-anak yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), sedangkan penyakit rata-rata yang menimpa lansia adalah rematik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: