Cuaca Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Listrik Meledak

Kamis, 25 Agustus 2016, 16:40 WIB | News | Kota Bukittinggi
Cuaca Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Listrik Meledak
Bagian Gonjong Balai Kota Bukittinggi rusak diterjang angin kencang. (istimewa)

VALORAnews---Fenomena cuaca ekstrem yang menghajar sejumlah wilayah Sumatera Barat. Di Bukittinggi dan Agam, sejumlah pohon tumbang akibat diterjang angin kencang.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kemarin terdapat pohon tumbang di beberapa titik akibat hujan disertai angin kencang.

Pohon tumbang tersebut diantaranya terdapat di Kelurahan Parik Antang, yang juga merusak kedai milik Gusferizal (45). Pohon berada di pinggir jalan dekat SMP Negeri 7 itu tercabut hingga ke akarnya.

Akibatnya, pohon setinggi 15 meter dan diameter sekitar 50 sentimeter itu menghalangi jalan serta menghancurkan tembok kedai dan aspal jalan. Alhasil jalan itu ditutup beberapa jam hingga petugas BPBD dan masyarakat sekitar mengevakuasinya.

Tidak hanya itu, kabel listrik tegangan tinggi juga lepas dan nyaris menyentuh tanah. Saat kejadian masyarakat dikejutkan dengan bunyi ledakan, diduga dari aliran listrik tersebut.

Selain itu, ada beberapa titik terdapat pohon yang tumbang, diantaranya di Jalan Syekh Ibrahim Musa Tengah Sawah, Jalan Manunggak Belakang Balok dan beberapa batang bambu di pendakian balaikota, Gulai Bancah seluruhnya telah dievakuasi petugas BPBD dan masyarakat.

Sementara itu dari informasi BPBD pada Kamis dini hari tadi, juga banyak ditemui ranting kayu berserakan di sepanjang Jalan Protokol Sudirman, dan pepohonan bertumbangan di depan Istana Negara Bung Hatta.

Tak hanya itu, dari pantauan Valora.co.id di lapangan, Balai Kota Bukittinggi juga tak luput dari kerusakan akibat tiupan angin kencang tersebut.

Kabag Humas Pemko Bukittinggi, Yulman SIP menyebutkan ada sedikit kerusakan yang ditimbulkan oleh angin tersebut.

"Bagian Gonjong Balai Kota, rusak akibat diterjang angin'' kata Kabag Humas. Kamis (25/08/2016).

Walau sepertinya Balai Kota merupakan sasaran empuk diterpa angin kencang, akibat letaknya di ketinggian, tapi Kabag Humas memastikan, selain gonjong, bagian lainnya masih aman-aman saja.(cr6)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: