UMKM Padang Dimotivasi Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kamis, 04 Agustus 2016, 18:06 WIB | Olahraga | Kota Padang
UMKM Padang Dimotivasi Kembangkan Ekonomi Kreatif
Wakil Walikota Padang, Emzalmi membuka pelatihan guna peningkatan motivasi bagi pelaku usaha yang berbasiskan inovatif dan ekonomi kreatif, Kamis (4/8/2016). Acara ini diinisiasi Disperindagtamben dengan menghadirkan pelaku usaha dari 11 kecamatan yang ad
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemko Padang terus berupaya melakukan pemberdayaan terhadap sektor ekonomi kreatif di kota tersebut.Salah satunya adalah, melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan membangkitkan semangat berwirausaha yang mampu berkreasi secara positif.

Dalam upaya memenuhi hal tersebut, kali ini Kamis (4/8/2016), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) mengundang para pelaku usaha industri, perdagangan dan jasa mikro yang ada di 11 kecamatan untuk mengikuti kegiatan peningkatan motivasi bagi pelaku usaha yang berbasiskan inovatif dan ekonomi kreatif.

Kegiatan yang bertempat pada salah hotel di Padang itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Emzalmi.

Emzalmi menyampaikan, pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu dari program yang diprioritaskan oleh pemko.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Hal itu juga mengingat, pada 2016 ini Indonesia sudah memasuki pasar bebas Asia Tenggara atau disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga itu menandakan, implementasi MEA akan mendorong masuknya investasi ke Indonesia baik dari dalam dan luar negara Asean.

"Maka dari itu, ekonomi kreatif memiliki potensi besar menjadi salah satu sektor penggerak yang dapat menangkap peluang terbukanya MEA. Sebagaimana tidak hanya mengenai penciptaan nilai tambah secara ekonomi saja, tetapi juga penciptaan nilai tambah secara sosial, budaya dan lingkungan," jelas Emzalmi sewaktu diwawancarai usai membuka kegiatan tersebut.

Menurut Emzalmi, terkait faktor kunci dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Padang yaitu memberlakukan kota tersebut selain sebagai kota perdagangan, namun juga disingkronkan sebagai pusat pariwisata, budaya dan seni.

"Jadi dalam mewujudkannya, kita telah melakukan upaya-upaya seperti penguatan lembaga pendidikan, memfasilitasi wirausaha pemula, penyediaan akses pembiayaan dan ketersediaan sarana infrastruktur, serta regulasi yang mendukung. Untuk itu, kreativitas pelaku usaha menjadi faktor utama. Sehingga dengan itu dapat menciptakan sebuah gagasan baru dan keberanian berinovasi terhadap apa saja produk dan jasa yang ditawarkan," imbuhnya.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Sementara itu Kepala Dinas Perindagtamben Kota Padang, Hendrizal Azhar mengatakan bersama SKPD terkait dan stake holder pihaknya terus menggiatkan baik pelatihan, pembinaan dan penguatan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM).

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: